ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA


Mursida Qonita Febriani , 4101414048 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya adalah gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif dapat mencapai ketuntasan belajar, mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif, mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada menggunakan model Jigsaw, serta mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian sequential explanatory. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari kelompok eksperimen yaitu kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Wiradesa, dipilih 2 subjek untuk tiap gaya belajar secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan angket, tes, dan wawancara. Analisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan klasikal, uji peningkatan, serta uji perbedaan rata-rata. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif mencapai ketuntasan belajar, (2) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif, (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw, (4) siswa dengan gaya belajar yang berbeda memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Guided Discovery Learning, Pendekatan Induktif, Gaya Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:42
Last Modified: 10 Feb 2020 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item