ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE


Isnaini Umaroh , 4101414045 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa belum optimal. Gaya belajar merupakan salah satu penyebab perbedaan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis adalah dengan pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada pembelajaran Think Talk Write mencapai ketuntasan belajar, (2) menguji kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada Discovery Learning, dan (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa ditinjau dari gaya belajar Kolb pada pembelajaran Think Talk Write. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan mix method. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 43 Semarang dengan siswa kelas VII-F sebagai kelompok eksperimen (perlakuan Think Talk Write) dan siswa kelas VII-A sebagai kelompok kontrol (perlakuan Discovery Learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada pembelajaran Think Talk Write mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada Discovery Learning, dan (3) siswa converger, diverger, dan accomodator belum dapat menyatakan situasi atau masalah ke dalam bentuk bahasa, simbol, ideal, atau model matematika dengan baik, sedangkan assimilator cukup baik. Siswa converger, diverger, dan accomodator dapat menjelaskan idea, situasi, dan relasi matematika, memahami suatu representasi matematika, dan mengungkapkan kembali suatu uraian matematika dalam bahasa sendiri dengan cukup baik, sedangkan assimilator belum baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Gaya Belajar Kolb, Think Talk Write.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:34
Last Modified: 10 Feb 2020 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34955

Actions (login required)

View Item View Item