ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERMEDIA SCHOOLOGY


Anisa Luthifa Azmi , 4101414041 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERMEDIA SCHOOLOGY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERMEDIA SCHOOLOGY]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERMEDIA SCHOOLOGY) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematika di Indonesia dapat dikarenakan kurangnya penerapan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan realistik. Siswa tidak terbiasa menghadapi soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Penanaman kemampuan literasi matematika dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Penerapan model pembelajaran CPS pendekatan RME berbantuan Schoology diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran, (2) mengetahui tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen, (3) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika, (4) mengetahui peningkatan literasi matematika siswa, (5) mengetahui deskripsi kemampuan literasi matematika siswa (6) menelaah dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA. Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded dengan 70% kuantitatif dan 30% kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan pretestposttest control group design dengan pemilihan sampel secara random sampling. Penelitian kualitatif menggakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak tahun ajaran 2017/2018 dengan di mana siswa kelas VII B sebagai siswa eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai siswa kontrol. Kedua kelas kemudian diuji untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa setelah diberi perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran model CPS pendekatan RME berbantuan Schoology yang dilaksanakan memiliki kategori sangat baik, rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal, peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, kemampuan literasi matematika dengan model CPS pendekatan RME berbantuan Schoology tergolong cukup baik, kesalahan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA pada umumnya adalah siswa melakukan kesalahan dalam transformation, prosess skill yang mengakibatkan kesalahan encoding yang disebabkan karena siswa belum mampu memahami soal dan menerapkan konsep matematika ke dalam permasalahan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CPS, RME, Literasi Matematika, Schoology.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:27
Last Modified: 10 Feb 2020 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34952

Actions (login required)

View Item View Item