ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPERSCHOOL


Yunita Yarista Sinurat , 4101414029 (2018) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPERSCHOOL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPERSCHOOL]
Preview
PDF (ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPERSCHOOL) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematika membantu siswa untuk memahami peran dan kegunaan matematika di setiap aspek kehidupan sehari-hari. Penananman literasi matematika dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Salah satunya pembelajaran Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool efektif terhadap kemampuan literasi matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian menggunakan model concurrent embedded dengan mengkombinasikan penggunaan metode kuantitaif dan kualitatif secara bersama-sama. Desain penelitian true experiment dengan jenis desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelaas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi metode tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kedua kelas diuji untuk mengetahui kemampuan literasi matematika sebelum dan sesudah diberikan perlakukan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematika siswa kelas VII yang belajar dengan model Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool mencapai ketuntasan secara klasikal , (2) kemampuan literasi matematika siswa yang belajar dengan model Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool lebih baik dari kemampuan literasi matematika siswa yang belajar dengan model Discovery Learning, (3) peningkatan kemampuan literasi matematika siswa pada model pembelajaran Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool lebih tinggi dari penigkatan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran Discovery Learning, dan (4) Berdasarkan observasi dan wawancara bahkan terlihat adanya peningkatan tujuh komponen literasi matematika siswa pada kelompok atas, tengah, dan bawah yang menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool. Peneliti menyarankan bahwa pembelajaran Double Loop Problem Solving pendekatan RME berbantuan quipperschool dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Double Loop Problem Solving, RME, Quipperschool, Literasi Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:13
Last Modified: 10 Feb 2020 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34947

Actions (login required)

View Item View Item