KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IMPROVE


Novi Nur Hidayah , 4101414028 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IMPROVE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IMPROVE]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IMPROVE) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ketuntasan klasikal Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelas IMPROVE, dan (2) menguji apakah rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa dalam Pembelajaran IMPROVE lebih tinggi dari rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa dalam Pembelajaran PjBL ditinjau secara keseluruhan dan kelompok Kemampuan Pemecahan Masalah matematis (atas, tengah, dan bawah). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Post-Test Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 30 Semarang dengan sampel penelitian kelas VII A dan VII B. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t, dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelas IMPROVE mencapai ketuntasan secara klasikal, (2) rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelas IMPROVE secara keseluruhan lebih tinggi dari rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelas PjBL secara keseluruhan, (3) rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok atas kelas IMPROVE lebih tinggi dari rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok atas kelas PjBL, (4) rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok tengah kelas IMPROVE lebih tinggi dari rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok tengah kelas PjBL, dan (5) rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok bawah kelas IMPROVE lebih tinggi dari rata-rata hasil Tes Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa kelompok bawah kelas PjBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah matematis, Model IMPROVE, Metacognitive Questioning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:11
Last Modified: 10 Feb 2020 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34946

Actions (login required)

View Item View Item