ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN DRILL METHOD


Eva Wulansari , 4101414023 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN DRILL METHOD. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN DRILL METHOD]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN DRILL METHOD) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan Drill Method dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis matematika dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dalam pembelajaran LAPS-Heuristik dengan Drill Method lebih baik daripada pembelajaran Ekspositori. Metode penelitian ini adalah mixed methods dengan desain concurrent triangulation. Pada penelitian kuantitatif, populasinya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian kuantitatif yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis matematika berpengaruh secara positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas dengan pembelajaran LAPS-Heuristik dengan Drill Method, (2) kemampuan menulis matematika dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada kelas dengan pembelajaran LAPS-Heuristik dengan Drill Method lebih baik daripada dengan pembelajaran Ekspositori. Sedangkan untuk hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa dua siswa kelas atas memenuhi 3 indikator kemampuan menulis matematika dengan kategori baik dan 4 indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan kategori baik. Sedangkan dua siswa kelas tengah memenuhi 2 indikator kemampuan menulis matematika dengan kategori baik dan 3 indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan kategori cukup. Kemudian dua siswa kelas bawah memenuhi 2 indikator kemampuan menulis matematika dengan kategori cukup dan 3 indikator kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Matematika, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, LAPS-Heuristik dan Drill Method
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:04
Last Modified: 10 Feb 2020 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34943

Actions (login required)

View Item View Item