ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MODEL RTTW BERBANTUAN KARTU MASALAH MATERI GEOMETRI
Siti Amidah , 4101414022 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MODEL RTTW BERBANTUAN KARTU MASALAH MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MODEL RTTW BERBANTUAN KARTU MASALAH MATERI GEOMETRI)
- Published Version
Download (983kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pelajaran matematika sangat rendah. Penilaian OECD menyebutkan bahwa rata-rata skor matematika anak-anak Indonesia 375, rata-rata skor membaca 396, dan rata-rata skor untuk sains 382. Selain itu, kegiatan diskusi di kelas VII SMP N 1 Randudongkal masih kurang untuk dibiasakan oleh siswa sehingga siswa kurang dalam kegiatan bertukar menyampaikan ide matematika yang dimiliki kepada teman. Nilai UAS kelas VII pada mata pelajaran matematika di SMP N 1 Randudongkal ternyata 41%-53% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Ini berarti siswa masih mengalami kesulitan dalam mengikuti dan memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan klasikal siswa dengan model pembelajaran RTTW berbantuan kartu masalah, menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa model pembelajaran RTTW dengan model ekspositori, menguji perbedaan rasa percaya diri siswa model pembelajaran RTTW dengan model ekspositori, dan mendeskripsikan komunikasi matematis siswa ditinjau dari rasa percaya diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Randudongkal. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VII B yang diajarkan model ekspositori dan kelas VII C yang diajarkan model pembelajaran RTTW dengan bantuan kartu masalah. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa. Metode pengumpulan data meliputi tes, angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran RTTW berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran RTTW berbantuan kartu masalah lebih baik dari model ekspositori, rasa percaya diri siswa dengan model pembelajaran RTTW berbantuan kartu masalah lebih baik dari model ekspositori, dan deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan rasa percaya diri tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis; rasa percaya diri sedang mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis nomor 1; dan rasa percaya diri rendah tidak bisa memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, rasa percaya diri, RTTW, kartu masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 14:02 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 14:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34942 |
Actions (login required)
View Item |