KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATERI BANGUN RUANG


Nadiatul Khikmah , 4101414021 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATERI BANGUN RUANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATERI BANGUN RUANG]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MATERI BANGUN RUANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah PBL dengan pendekatan saintifik realistik dalam kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik mencapai ketuntasan belajar dan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII dalam model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik realistik pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Petarukan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 285 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Terpilih satu kelas sampel yaitu peserta didik kelas VIII H sebagai kelas penelitian. Selanjutnya terpilih enam peserta didik dari kelas VIII H sebagai subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek penelitian didasari dengan menggunakan instrumen tes awal kemampuan pemecahan masalah. Kemudian dilakukan wawancara dengan masing-masing dua peserta didik dari kelompok kemampuan pemecahan masalah tinggi, dua peserta didik dari kelompok kemampuan pemecahan masalah sedang, dan dua peserta didik dari kelompok kemampuan pemecahan masalah rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Peserta didik dari kelompok tinggi cenderung mempunyai kemampuan pemecahan masalah tinggi. Hal ini ditunjukkan pada tahap pemahaman masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali hasil pekerjaan peserta didik sudah melakukan dengan sangat baik. Sedangkan peserta didik dari kelompok sedang cenderung mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang cukup. Hal ini ditunjukkan pada tahap pemahaman masalah dan merencanakan penyelesaian peserta didik mampu melaksanakan indikator. Namun pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali peserta didik kurang mampu melakukan indikator dengan benar. Sedangkan peserta didik dari kelompok rendah cenderung mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang kurang. Hal ini ditunjukkan pada tahap merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan pada saat memeriksa kembali peserta didik belum bisa mengerjakan dengan baik. Meskipun peserta didik mampu memahami masalah dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Problem Based Learning; Pendekatan Realistik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:00
Last Modified: 10 Feb 2020 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34941

Actions (login required)

View Item View Item