KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU MASALAH


Elok Nur Afiyati , 4101414020 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU MASALAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU MASALAH]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU MASALAH) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu masalah, (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu masalah, dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu masalah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mixed methods) dengan model concurrent embedded. Desain pada penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang kemudian diambil sampel penelitian kelas VIII B. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara sebanyak 3 siswa dari masingmasing gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu masalah mencapai ketuntasan secara klasikal, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu masalah meningkat sebesar 0,59 yang termasuk dalam kategori sedang, (3) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar converger, assimilator, dan accomodator memenuhi empat indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration); sedangkan siswa dengan gaya belajar diverger memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Creative Problem Solving, Kartu Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 13:57
Last Modified: 10 Feb 2020 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34940

Actions (login required)

View Item View Item