ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERTEMA


Novia Wulan Dary , 4101414019 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERTEMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERTEMA]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERTEMA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk (1) menguji ketuntasan klasikal pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII materi segiempat pada model Problem Based Learning Bertema; (2) menguji perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII materi segiempat pada model Problem Based Learning Bertema dan model Problem Based Learning; (3) menguji pengaruh tanggung jawab belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi segiempat pada model Problem Based Learning Bertema; dan (4) menganalisis deskripsi kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tanggung jawab belajar siswa kelas VII materi segiempat pada model Problem Based Learning Bertema. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilanjutkan wawancara. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 18 Bekasi sebanyak 198 siswa. Terpilih sampel yaitu kelas VII 9 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII 8 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji t, dan uji analisis regresi. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model Problem Based Learning Bertema mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada model Problem Based Learning Bertema lebih dari dibanding model Problem Based Learning; dan (3) tanggung jawab belajar siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model Problem Based Learning Bertema. Siswa yang mempunyai tanggung jawab belajar tinggi dapat menguasai semua tahap pemecahan masalah, siswa yang mempunyai tanggung jawab belajar sedang dapat mengerjakan tahap pengecekan kembali dengan kurang lengkap, dan siswa yang mempunyai tanggung jawab belajar rendah cenderung belum dapat menguasai tahap melakukan pengecekan kembali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Bertema, Kemampuan Pemecahan Masalah, Tanggung Jawab Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 13:54
Last Modified: 10 Feb 2020 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34939

Actions (login required)

View Item View Item