ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VII PADA MODEL SQ4R DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING SISWA


Tika Nurlaeli , 4101414012 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VII PADA MODEL SQ4R DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VII PADA MODEL SQ4R DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING SISWA]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VII PADA MODEL SQ4R DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING SISWA) - Published Version
Download (606kB) | Preview

Abstract

Aljabar merupakan salah satu bahan kajian dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Ungaran, masih ada siswa yang mengalami kesulitan ketika mempelajari materi aljabar yaitu dilihat dari hasil belajar siswa pada materi aljabar 60% siswa belum dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian ketuntasan belajar kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII pada pembelajaran dengan model SQ4R, dan juga mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Negeri 2 Ungaran pada tiap kategori selfregulated learning pada model SQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 288 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan tes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji t dan uji z. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa. Penentuan subjek penelutian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data kualitatif yaitu analisis data hasil wawancara dan hasil tes berpikir aljabar subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir aljabar siswa pada pembelajaran dengan model SQ4R mencapai ketuntasan belajar; (2) siswa pada kelompok self-regulated learning tinggi, cenderung mampu menguasai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global. Siswa pada kelompok self-regulated learning sedang, cenderung mampu menguasai kemampuan generasional dan transformasional, tetapi belum dapat menguasai kemampuan level-meta global. Siswa pada kelompok self-regulated learning rendah, cenderung mampu menguasai kemampuan transformasional tetapi belum dapat menguasai kemampuan generasional dan transformasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Berpikir Aljabar; SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review); Self-Regulated Learning (Kemandirian Belajar)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 13:37
Last Modified: 10 Feb 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34934

Actions (login required)

View Item View Item