KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA
Desinta Yosopranata , 4101414008 (2018) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis dan percaya diri siswa pada suatu SMP di Wonosobo masih rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran model Creative Problem Solving bernuansa etnomatematika dapat diterapkan untuk melatih kemampuan koneksi matematis dan percaya diri siswa. Selain itu model ini juga dapat membentuk karakter siswa yang memahami budayanya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan kemampuan koneksi matematis dan tingkat percaya diri siswa pada pembelajaran model Creative Problem Solving bernuansa etnomatematika dan perbedaannya pada pembelajaran model Direct Instruction, dan menganalisis pengaruh sikap cinta budaya terhadap kemampuan koneksi matematis. Materi yang diambil dalam penelitian ini adalah persegi panjang, persegi, dan trapesium. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada suatu SMP di Wonosobo tahun ajaran 2017/2018 dan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis dan lembar angket. Data dianalisis dengan uji proporsi satu pihak, uji kesamaan dua rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII dengan pembelajaran model Creative Problem Solving bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal; (2) pembelajaran model Creative Problem Solving bernuansa etnomatematika siswa kelas VII lebih baik daripada pembelajaran model Direct Instruction; (3) tingkat percaya diri siswa kelas VII dengan pembelajaran model Creative Problem Solving bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada tingkat percaya diri siswa kelas VII dengan pembelajaran model Direct Instruction; (4) sikap cinta budaya berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, yaitu sebesar 60,2%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Etnomatematika, Koneksi Matematis, Percaya Diri Siswa. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 13:33 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 13:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34933 |
Actions (login required)
View Item |