PEMBELAJARAN ANSAMBEL BAND MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID DI SMA NEGERI 5 MAGELANG


Lucky Irawan , 2501412063 (2019) PEMBELAJARAN ANSAMBEL BAND MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID DI SMA NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN ANSAMBEL BAND MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID DI SMA NEGERI 5 MAGELANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN ANSAMBEL BAND MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID DI SMA NEGERI 5 MAGELANG) - Published Version
Download (677kB) | Preview

Abstract

Persoalan keterbatasan waktu dan sarana pembelajaran menjadi kendala dalam pembelajaran seni musik, namun demikian perkembangan teknologi diantaranya android ternyata dalam hal-hal tertentu bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan masalah yaitu bagaimana proses pembelajaran ansambel band menggunakan aplikasi android, kemudian penelitian ini akan mengkaji tentang penerapan aplikasi android dalam pembelajaran ansambel band di SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data yaitu siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri 5 Magelang dan objek dari penelitian ini adalah pembelajaran ansambel band yang menggunakan aplikasi android sebagai medianya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, metode pengamatan, studi wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni: Reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran ansambel band menggunakan media aplikasi berbasis android di kelas XII IPS 5 SMA Negeri 5 Magelang berjalan dengan baik, terorganisir, dan tujuan tercapai. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi berbasis android seperti, Real Drum, Real Guitar, Real Piano, Real Bass yang di publish oleh kolb apps cukup mengakomodir kebutuhan pembelajaran ansambel band. Pembelajaran ansambel band dengan menggunakan aplikasi berbasis android di kelas XII IPS 5 SMA Negeri 5 Magelang dibagi menjadi 3 tahap. Tahapan tersebut adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap pelaksanaan guru membagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi akhir berdasarkan kriteria waktu dan permainan, siswa dapat memenuhi kriteria indikator yang dibuat guru, berikut adalah indikator yg terdapat di RPP berdasarkan kriteria permainan yaitu, (1) Siswa dapat memainkan lagu kontemporer sesuai tempo yang tepat; (2) Siswa dapat memainkan progresi akor lagu sesuai irama dan ketepatan nada; (3) Siswa dapat memainkan lagu musik Barat dengan alat musik virtual berbasis android. Menurut waktu, ternyata waktu 2 minggu cukup untuk melaksanakan pembelajaran android dengan materi yang guru siapkan. Berdasarkan hasil penelitian tentang proses pembelajaran ansambel band menggunakan media aplikasi berbasis android di kelas XII IPS 5 SMA Negeri 5 Magelang, peneliti mengajukan saran-saran, antara lain : (1) pendidik hendaknya lebih jeli untuk medokumentasikan setiap materi pembelajaran yang telah disampaikan kepada siswa sehingga memudahkan guru dalam pembelajaran selanjutnya; dan (2) bagi sekolah, seharusnya pendidik tidak hanya dituntut untuk bisa melaksanakan pembelajaran dan dituntut untuk menyerahkan hasil pembelajaran yang persis seperti yang terdapat di silabus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ansambel Band, Media Pembelajaran, Android
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2020 14:44
Last Modified: 07 Feb 2020 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34931

Actions (login required)

View Item View Item