HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK, PEMANFAATANNYA SAAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK PIKA SEMARANG


Chatarina Ria Pramudhita , 2501412029 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK, PEMANFAATANNYA SAAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK PIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK, PEMANFAATANNYA SAAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK PIKA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN MENDENGARKAN MUSIK, PEMANFAATANNYA SAAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK PIKA SEMARANG) - Published Version
Download (565kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti, banyak anak seusia remaja yang cenderung malas dan jenuh bila harus berkutat dengan pelajaran secara terus menerus. Kejenuhan itu dapat terlihat pada saat remaja dituntut untuk mengulang kembali pelajaran yang diterima di sekolah. Hal ini membuat kebanyakan remaja sering melupakan tugas dan tanggung jawabnya untuk belajar dan mengerjakan tugas di malam hari. Rumusan masalahnya sebagai berikut; (1) Seberapa tinggi frekuensi kebiasaan mendengarkan musik saat belajar Matematika pada siswa kelas XI di SMK PIKA Semarang?, (2) Seberapa tinggi frekuensi pemanfaatan musik pada saat belajar?, (3) Seberapa tinggi hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas XI SMK PIKA Semarang?, (4) Adakah hubungan kebiasaan mendengarkan musik dan pemanfaatannya saat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas XI SMK PIKA Semarang? Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan studi kuesioner. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji reliabilitas, uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogentias, uji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan hubungan antara kebiasaan mendengarkan musik dan pemanfaatan mendengarkan musik saat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika ialah sebagai berikut; (1) Hasil rata-rata kesukaan mendengarkan musik saat belajar siswa kelas XI di SMK PIKA Semarang dikategorikan tinggi. (2) Hasil rata-rata frekuensi pemanfaatan mendengarkan musik saat belajar siswa kelas XI di SMK PIKA Semarang dikategorikan tinggi. (3) Hasil belajar Matematika siswa kelas XI di SMK PIKA dikategorikan tinggi. (4) Ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan musik dan pemanfaatannya saat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika. Hal ini berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan dimana hasil korelasi sebesar 0,809. Berdasarkan simpulan tersebut di atas, maka saran-saran yang dapat disampaikan antara lain: (1) Musik sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar. (2) Untuk penelitian yang akan datang dapat diteliti perbedan jenis musik dalam meningkatkan konsentrasi belajar, sehingga akan diperoleh hasil yang lebih valid lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mendengarkan Musik, Hasil Belajar, Matematika, dan SMK PIKA.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2020 14:23
Last Modified: 07 Feb 2020 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34927

Actions (login required)

View Item View Item