STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI STACCATO MUSIC COURSE KABUPATEN PATI
Dimas Aditya Wicaksono , 2501412003 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI STACCATO MUSIC COURSE KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI STACCATO MUSIC COURSE KABUPATEN PATI)
- Published Version
Download (906kB) | Preview |
Abstract
Proses penyampaian pesan, emosi, dan nilai kemanusiaan dapat melalui seni yaitu musik. Mempelajari musik dapat menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus musik yang dimulai dari usia dini agar lebih maksimal. Maka dari itu, dibutuhkanlah strategi pembelajaran untuk mempermudah anak dalam menerima materi dalam kursus vokal. Seperti pada salah satu kursus musik di Kabupaten Pati yaitu Staccato Music Course. Berdasarkan keterangan di atas, peneliti tertarik untuk mengkaji strategi pembelajaran vokal pada anak usia dini di Staccato Music Course. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran vokal pada anak usia dini di Staccato Music Course. Manfaat penelitian ini adalah sebagai referensi para pengajar vokal dalam menerapkan strategi pembelajaran agar anak usia dini lebih mudah belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan pedagogik menggunakan (1) obervasi, (2) dokumentasi, (3) wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu menggunakan (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Simpulan. Pengajar vokal anak usia dini di Staccato Music Course memiliki cara menyampaikan pembelajaran agar kegiatan menjadi menyenangkan atau bermain. Kegiatan ini dilakukan dengan cara (1) Permaianan pencocokan nada, kegiatan ini merupakan pencocokan nada dari pengajar oleh peserta didik. (2) Menyanyikan lagu dengan bersahut-sahutan, yiatu pengajar menyanyikan beberapa kata dalam lagu, kemudian berhenti dan meminta peserta didik untuk melanjutkan lagu tersebut. (3) Pengajar menjadi role model bagi anak-anak, yaitu pengajar memberikan contoh cara yang bernyanyi yang benar dengan ekspresi yang sesuai. Serta (4) Mengajak anak menilai penampilannya sendiri, yaitu peserta didik diminta untuk bernyanyi satu lagu dan divideo, kemudian anak diminta untuk menilai penampilannya pada video tersebut. Dengan dibimbing oleh pengajar, anak dapat mengetahui kekurangannya dan memperbaiki cara bernyanyinya. Menurut saya strategi yang pertama yaitu pencocokan nada kurang efektif karena setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Maka dari itu, saran dalam penelitian ini yaitu (1) hendaknya pengajar vokal pada suatu lembaga kursus dapat menerapkan strategi yang menarik dan dapat mempermudah anak dalam belajar vokal, serta memotivasi anak, (2) bagi pihak Staccato Music Course untuk lebih mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, (3) bagi peserta didik, hendaknya dapat lebih giat belajar vokal di dalam kelas kursus maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, kursus musik, strategi pembelajaran vokal. |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 14:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 14:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34923 |
Actions (login required)
View Item |