PENERAPAN ILUSTRASI POTENSI WISATA DAERAH PADA KAOS “BUMIAYU BEAUTY OF JAVA” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOTA BUMIAYU


Dwi Oktafiani , 2411415018 (2019) PENERAPAN ILUSTRASI POTENSI WISATA DAERAH PADA KAOS “BUMIAYU BEAUTY OF JAVA” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOTA BUMIAYU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN ILUSTRASI POTENSI WISATA DAERAH PADA KAOS “BUMIAYU BEAUTY OF JAVA” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOTA BUMIAYU]
Preview
PDF (PENERAPAN ILUSTRASI POTENSI WISATA DAERAH PADA KAOS “BUMIAYU BEAUTY OF JAVA” SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOTA BUMIAYU) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi wisata di wilayah Bumiayu cukup besar. Namun ada beberapa variabel yang membuat potensi ini kurang terjelajah masyarakat luas, seperti kurangnya anggaran, luasnya wilayah, dan kurangnya promosi. Dengan inisiatif pribadi terbentuklah brand yang mengusung potensi wisata Bumiayu ke dalam bentuk akun sosial media yakni “Bumiayu Beauty of Java”. Brand ini juga memiliki merchandise berupa kaos yang diproduksi dengan logo dan tagline yang sama. Pemilihan tema yang diangkat dalam proyek studi ini berdasarkan hasil analisis SWOT yang menunjukan strategi turn-around dengan menciptakan desain ilustrasi baru bagi kaos “Bumiayu Beauty of Java” dengan mengangkat potensi wisata daerah Bumiyau. Pemilihan ilustrasi sebagai media promosi disesuaikan dengan masalah yang ada di lapangan. Dimana kaos “Bumiayu Beauty of Java” belum memiliki desain ilustrasi kaos yang cukup baik sebagai instrumen promosi. Maka dari itu pemilihan konten dan style ilustrasi yang digunakan menjadi penting. Proyek studi ini menghasilkan 10 desain ilustrasi yang mencakup potensi wisata daerah yang ada di wilayah bumiayu yaitu: Ilustrasi Kaligua, Ilustrasi Telaga Ranjeng, Ilustrasi Waduk Penjalin, Ilustrasi Cipanas Buaran, Ilustrasi Curug Putri, Ilustrasi Gua Jepang, Ilustrasi Saka Limalas, Ilustrasi Ketan Pencok, Ilustrasi Sogol, dan Ilustrasi Rebana Kaliwadas. Dari ke sepuluh ilustrasi tersebut dibuat dengan style dekoratif dan flat design, kemudian diaplikasikan pada kaos “Bumiayu Beauty of Java”. Pemilihan objek objek tersebut juga sebagai bentuk penyampaian pesan bahwa Bumiayu adalah wilayah yang kaya akan potensi, baik dalam segi wisata maupun budaya. Dengan dibuatnya alternatif promosi ini dapat membantu kegiatan promosi pariwisata Bumiayu sehingga dapat memajukan kehidupan daerah ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ilustrasi, bumiayu, promosi, local wisdom, Bumiayu Beauty of Java
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2020 14:38
Last Modified: 06 Feb 2020 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34921

Actions (login required)

View Item View Item