PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WENSKA KAHVE TEMANGGUNG


Muhammad Zulfa Tursina , 2411414008 (2019) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WENSKA KAHVE TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WENSKA KAHVE TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WENSKA KAHVE TEMANGGUNG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wenska Kahve merupakan salah satu kafe yang berada Kota Temanggung. Kafe ini mengangkat olahan kopi lokal Temanggung sebagai menu utama dengan SOP yang baik dan dengan mesin pengolahan modern. Selain kopi yang merupakan menu utama, Wenska Kahve juga menyediakan berbagai menu makanan sebagai pelengkap. Alasan penulis memilih Wenska Kahve sebagai klien dibandingkan dengan kafe lain adalah karena masih terdapat permasalahan yaitu lokasi kafe yang berada di pinggiran Kota Temanggung dan jauh dari pusat kota membuat wenska kahve kurang diketahui oleh masyarakat luas, berbeda dengan kafe yang berlokasi di pusat kota yang lebih terekspose oleh banyak masyarakat. Selain itu publikasi yang hanya sebatas foto yang di unggah ke media sosial instagram menjadi kurang efektif dalam menjaring konsumen. Proyek studi ini bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan dan menciptakan sebuah media promosi berupa video promosi Wenska Kahve Temanggung. Perancangan video promosi ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary yang meliputi riset, analisis SWOT, penetapan tujuan, konsep berkarya, strategi perancangan. Proses pra produksi meliputi, penentuan crew, penulisan storyline, pembuatan storyboard dan persiapan produksi. Produksi meliputi, shooting, editing, rendering dan mastering. Pasca produksi meliputi, persiapan pameran, pameran dan penyebaran media promosi. Secara keseluruhan, video ini menggunakan tema modern classic sebagai grand concept. Video Promosi Wenska Kahve Temanggung ini berdurasi 3 menit dan terbagi atas 6 sequence. Video promosi ini divisualisasikan dengan menerapkan berbagai bahasa rupa seperti bird eye, fly over, close up, lowangle, big close up, medium close up, medium shot, long shot, over the shoulder, panning, tilting, rack focus, zooming dan tracking. Selain beberapa transisi/continuity antar shot juga diterapkan menggunakan beberapa bahasa rupa seperti alih gerak kamera, alih pengambilan, alih waktu dan ruang, alih objek bergerak dan alih dept of field. . Isi pesan yang akan disampaikan adalah mengenai kelebihan dari Wenska Kahve. Jenis pesan dan daya tarik pesan yang digunakan adalah jenis pesan informatif dengan daya tarik positif/rasional. Gaya pesan yang digunakan adalah gaya pesan kombinasi (Gaya hidup, Suasana, Musik dan Dramatisasi). Karya media promosi yang dibuat dalam proyek studi kali ini termasuk iklan komersial dalam ruang lingkup media elektronik yang menggunakan media sosial youtube dan instagram sebagai media publikasi utama. Target audience dari video promosi ini adalah masyarakat usia antara 7 atau 8 tahun sampai 50-an tahun, kemudian beberapa komunitas hobi seperti kuliner, kopi, otomotif, seni dan hiburan yang ada di Kabupaten Temanggung. Tidak menutup kemungkinan juga dari luar Kabupaten Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Video Promosi Wenska Kahve Temanggung
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2020 12:44
Last Modified: 06 Feb 2020 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34917

Actions (login required)

View Item View Item