PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN PENGAPLIKASIAN MEDIA PROMOSI DELACOUR DECORATION KENDAL


Tri Murbagas Yudidamar , 2411412094 (2019) PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN PENGAPLIKASIAN MEDIA PROMOSI DELACOUR DECORATION KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN PENGAPLIKASIAN MEDIA PROMOSI DELACOUR DECORATION KENDAL]
Preview
PDF (PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN PENGAPLIKASIAN MEDIA PROMOSI DELACOUR DECORATION KENDAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Identitas sebuah perusahaan merupakan suatu hal yang terpenting, karena identitas adalah sebagai penanda dan pembeda dengan perusahaan lain. “Delacour Decoration” bergerak di bidang jasa dekorasi khususnya dekorasi pernikahan dan acara lainnya. Usaha ini mulai dirintis sejak tahun 2012. Nama Delacour sendiri diambil dari salah satu tokoh di film Harry Potter yaitu Fleur Delacour, Fleur Delacour sendiri merupakan bahasa Perancis yang berarti bunga di taman. Delacour dikelola oleh pemiliknya yang bernama Sulistiyanto. Pengguna jasa Delacour sendiri dari konsumen menengah keatas, dengan segmen pasar menengah keatas dapat dipastikan konsumen memiliki nilai keindahan dekorasi tersendiri, hal ini sesuai dengan jati diri Delacour yang berubah sesuai dengan minat konsumen yang menggunakan jasa Delacour. Permasalahan dalam UMKM adalah tidak adanya Visual Identity dari perusahaan Delacour yang bekerja secara fleksibel menyesuaikan minat dari konsumen dan memberikan keindahan pada setiap acara yang dibuat konsumen selain itu Delacour juga kurangnya kesadaran tentang pentingnya promosi. maka Delacour Decoration membutuhkan suatu rancangan identitas visual yang nantinya akan diaplikasikan pada media promosi. Kontribusi perancangan tersebut di atas bertujuan untuk meningkatkan citra pelaku usaha dan meningkat omset penjualan produk. Perancangan identitas visual ini melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan: pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pemilihan media dalam perancangan identitas visual perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran biaya pengeluaran perusahaan. Konsep perancangan identitas visual dan pengaplikasiannya pada media promosi Delacour Decoration adalah simpel dan membuat orang tertarik, sesuai citra produk yang ingin ditampilkan. Berdasarkan analisis tersebut, maka desain yang akan dirancang sebagai media promosi adalah logo, stationary set, vehicle, uniform, leaflet, katalog dan merchandise. Tugas akhir ini telah menghasilkan rancangan desain identitas visual dan aplikasinya pada media promosi bagi Delacour Decoration berupa logo, stationary set, vehicle, uniform, leaflet, katalog dan merchandise untuk dipergunakan sebagai media yang menarik untuk menampilkan citra produk sehingga dapat membangun citra positif pada masyarakat yang membaca danmelihat. Harapan penulis agar hal ini dapat memberikan dampak yang positif untuk pemilik usaha dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: visual identity, media promosi, decoration
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Feb 2020 12:37
Last Modified: 06 Feb 2020 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34915

Actions (login required)

View Item View Item