HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 3 KEBUMEN


Febriyan Arif Dwiyanto, 1511414130 (2019) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 3 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 3 KEBUMEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 3 KEBUMEN) - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Perilaku menyontek sudah tidak asing didunia pendidikan terutama pada siswa maupun mahasiswa sebagai peserta didik. Perilaku menyontek dijalankan pada saat ulangan atau ujian. Namun anehnya perilaku menyontek seakan kurang diperhatikan atau kurang ditanggapi oleh guru, pihak sekolah, maupun pihakpihak terkait sehingga perilaku menyontek masih banyak terjadi sampai sekarang. Ada berbagai alasan siswa menyontek ketika langan atau ujian salah satunya yaitu agar mendapat nilai yang tinggi atau prestasi akademik yang tinggi. Karena memiliki prestasi yang tinggi merupakan impian setiap siswa, namun untuk mendapatkan prestasi akademik yang tinggi harus dilakukan dengan cara yang baik yaitu dengan cara belajar, atau mempersiapkan diri sebelum ulangan atau ujian, bukan dengan cara yang tidak fair atau curang yaitu dengan cara menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku menyontek, gambaran prestasi akademik, dan menguji hubungan antara prestasi akademik dan perilaku menyontek pada siswa kelas XI MA Negeri 3 Kebumen. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Variabel bebasnya adalah prestasi akademik sedangkan variabel tergantungnya adalah perilaku menyontek. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Negeri 3 Kebumen. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 139 siswa yang menyontek dari 150 siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah rapor hasil belajar siswa dan skala perilaku menyontek. Analisis validitas dan reliabilitas instrument menggunakan software pengolah data. Instrumen dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas pada skala perilaku menyontek sebesar 0,897. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi akademik dan perilaku menyontek pada siswa kelas XI MA Negeri 3 Kebumen dimana nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,499 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi akademik, dan perilaku menyontek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2020 20:40
Last Modified: 04 Feb 2020 20:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34910

Actions (login required)

View Item View Item