PENGARUH KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX TERHADAP KUALITAS PERENCANAAN KARIER PADA MAHASISWI UNNES


Chusnal Iffah, 1511414103 (2019) PENGARUH KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX TERHADAP KUALITAS PERENCANAAN KARIER PADA MAHASISWI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX TERHADAP KUALITAS PERENCANAAN KARIER PADA MAHASISWI UNNES]
Preview
PDF (PENGARUH KECENDERUNGAN CINDERELLA COMPLEX TERHADAP KUALITAS PERENCANAAN KARIER PADA MAHASISWI UNNES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Globalisasi mengantarkan perempuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan memberi peluang bagi perempuan untuk berperan di bidang industri. Namun muncul permasalahan yang terjadi pada individu muda dalam hal ini mahasiswi yaitu munculnya kecenderungan cinderella complex. Hal tersebut diduga membuat perempuan sulit mengambil keputusan sendiri sehingga kualitas perencanaan karier perempuan kedepan akan bergantung terhadap keputusan orang lain. Pada hasil studi awal ditemukan bahwa kualitas perencanaan karier pada mahasiswi masih dalam kondisi tidak ideal. Kecenderungan untuk menggantungkan diri pada orang orang lain menjadi penyebab rendahnya kualitas perencanaan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas perencanaan karier mahasiswi, mengetahui bagaimana gambaran kecenderungan cinderella complex pada mahasiswi, dan menguji pengaruh kecenderungan cinderella complex terhadap kualitas perencanaan karier pada mahasiswi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel sebanyak 137 mahasiswi. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala kualitas perencanaan karier dan skala kecenderungan cinderella complex. Skala kecenderungan cinderella complex terdiri dari 23 aitem dengan koefisien validitas antara 0,316 sampai 0,610 dan koefisien reliabilitas 0,863. Adapun, skala kualitas perencanaan karier terdiri atas 39 aitem dengan koefisien validitas aitem antara 0,328 sampai 0,633 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,913. Hasil olah data menunjukkan kecenderungan cinderella complex dalam kategori sedang dengan aspek yang paling berkontribusi yaitu, rendahnya harga diri. Adapun kualitas perencanaan karier juga dalam kategori sedang dengan aspek yang paling berkontribusi yaitu perencanaan aktivitas-aktivitas pengembangan. Metode analisis menggunakan analisis regresi dengan hasil korelasi -0,543 dan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05), hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh kecenderungan cinderella complex terhadap kualitas perencanaan karier” diterima. Semakin tinggi kecenderungan cinderella complex, maka semakin rendah kualitas perencanaan karier-nya. Sebaliknya semakin rendah kecenderungan cinderella complex maka semakin tinggi kualitas perencanaan karier-nya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecenderungan cinderella complex, kualitas perencanaan karier
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2020 20:10
Last Modified: 04 Feb 2020 20:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34904

Actions (login required)

View Item View Item