HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SOCIAL LOAFING DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES


Paksi Among Pramono, 1511414101 (2019) HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SOCIAL LOAFING DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SOCIAL LOAFING DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES]
Preview
PDF (HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SOCIAL LOAFING DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES) - Published Version
Download (677kB) | Preview

Abstract

Tugas kelompok selain memberikan dampak positif disisi lain tugas kelompok juga memiliki dampak negatif salah satunya yaitu kecenderungan seseorang untuk sedikit mengambil peran kelompok atau yang biasa disebut sebagai social loafing. Social loafing terjadi karena berbagai faktor salah satunya adalah faktor internal yaitu self esteem. Self esteem yaitu hasil penilaian yang dilakukannya dan perlakuan orang lain terhadap dirinya dan menunjukkan sejauh mana individu memiliki rasa percaya diri serta mampu berhasil dan berguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh self esteem terhadap social loafing pada mahasiswa Psikologi UNNES. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain korelasional. Terdapat 195 mahasiswa Psikologi UNNES semester 2, 4, dan 6 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel berupa probabilitas sampling. Jenis pengambilan sampel adalah sampel berstrata (stratified sampling). Data penelitian diperoleh melalui skala self esteem terdiri dari 29 aitem valid, koefisien validitas sebesar 0,022-0,776. dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.852. Skala social loafing terdiri dari 44 aitem valid, koefisien validitas sebesar 0,000-0,044 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.931. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara self esteem dengan social loafing pada mahasiswa Psikologi (r = -0,583 dan p < 0.05). Penelitian ini juga menunjukan gambaran umum social loafing pada kateori rendah dan gambaran umum self esteem pada kateori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Loafing, Self Esteem, Kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2020 19:58
Last Modified: 04 Feb 2020 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34903

Actions (login required)

View Item View Item