HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PARENTING STRESS PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS


Indin Barokah , 1511414070 (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PARENTING STRESS PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PARENTING STRESS PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PARENTING STRESS PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS) - Published Version
Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat parenting stress yang tinggi pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Parenting stress merupakan ketegangan yang timbul dalam proses pengasuhan akibat tuntutan peran sebagai orang tua. Banyaknya beban yang dirasakan ibu sebagai figur terdekat dari anak yang memiliki gangguan kebutuhan khusus akan menimbulkan parenting stress. Kondisi stres yang dialami oleh ibu dapat mengganggu proses pengasuhan. Sikap ibu yang terus menerus mengalami stres akan memperparah keadaan anak, serta akan berakibat buruk dalam pengasuhan. Salah satu bentuk penataan emosi yang sangat efektif menghindarkan stres dan depresi dari individu adalah self-compassion. Self-compassion merupakan sikap perhatian dan baik terhadap diri serta terbuka dalam menghadapi kesulitan sehingga menganggap kesulitan adalah bagian dari kehidupan yang harus dijalani. Dengan demikian self-compassion dapat memainkan peran dalam meningkatkan kemampuan para coping orangtua sehingga tingkat parenting stress yang dialami ibu akan menurun melalui upaya mengembangkan atau meningkatkan self-compassion. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB N Pati dan sampel berjumlah 67 subjek dengan pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah self-compassion dan parenting stress. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi, yaitu skala self-compassion dan skala parenting stress. Teknik uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan bantuan software pengolah data. Skala parenting stress terdiri dari 40 item. Skala parenting stress mempunyai koefisien validitas item antara 0,296 sampai dengan 0,866 dan koefisein reliabilitas sebesar 0,968. Sedangkan skala self-compassion terdiri dari 30 item dengan koefisien validitas antara 0,288 sampai dengan 0,843, dan koefisien reliabilitas sebesar 0,964. Hasil penelitian menunjukkan parenting stress pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus berada pada kategori tinggi, dan pada self-compassion berada pada kategori sedang. Koefisien korelasi (r) sebesar = -0,703 dengan signifikansi (p) = 0,000 pada taraf signifikansi 5% (ρ < 0,01). Maka terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dengan parenting stress pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Artinya, semakin tinggi self-compassion maka semakin rendah juga parenting stress, atau sebaliknya semakin rendah self-compassion maka semakin tinggi parenting stress.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-Compassion, Parenting Stress, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2020 19:17
Last Modified: 04 Feb 2020 19:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34895

Actions (login required)

View Item View Item