HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM


Shobrina Salsabil , 1511414062 (2019) HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM) - Published Version
Download (799kB) | Preview

Abstract

Instagram sebagai aplikasi media sosial memberikan kebebasan penggunanya untuk membagikan unggahan foto ataupun video tanpa batasan. Berbagai cara dilakukan remaja agar orang lain tertarik untuk mengikuti akun instagram mereka dengan mengunggah foto ataupun video yang menimbulkan kesan menarik perhatian dari orang lain untuk mendapatkan pujian dan pengakuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi gangguan kepribadian narsistik muncul karena adanya perubahan sosial seperti hedonis jangka pendek. Seseorang rela melakukan apa saja agar terus eksis di instagram, salah satunya adalah dengan cara mencoba meniru dan menerapkan gaya hidup hedonis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan kecenderungan narsistik pada remaja pengguna instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang remaja pengguna instagram. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik proporsional stratified random sampling. proporsional stratified random sampling adalah sampel yang diambil tanpa pandang bulu dengan mempertimbangkan populasi dengan cara yang seimbang berdasarkan tingkatan pada populasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecenderungan narsistik yang yang berisi 40 aitem, dan skala gaya hidup hedonis yang berisi 38 aitem dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Koefisien validitas yang digunakan sebesar 0.300 dengan nilai signifikansi 0,000. Koefisien reliabilitas skala kecenderungan narsistik sebesar 0.859 dan skala gaya hidup hedonis sebesar 0.785. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara gaya hidup hedonis dengan kecenderungan narsistik pada remaja pengguna instagram, kecenderungan narsistik pada remaja pengguna instagram berada pada kategori sedang, dan gaya hidup hedonis pada remaja pengguna instagram berada pada kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil hipotesis menggunakan korelasi Product moment menghasilkan Correlation sebesar 0,673 dengan nilai signifikansi 0,000. Sehingga hipotesis yang berbunyi “ada hubungan positif antara gaya hidup hedonis dengan kecenderungan narsistik pada remaja pengguna instagram” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hedonis, Narsistik, Remaja.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2020 19:05
Last Modified: 04 Feb 2020 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34893

Actions (login required)

View Item View Item