PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG
Anisa Puput Rahmawati , 2411412075 (2019) PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Desa Wisata Nyatnyono merupakan desa wisata di daerah Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Desa Nyatnyono dikenal dengan wisata ziarah serta sendang kalimat thoyibah yang dimilikinya. Setiap tahunnya Desa Nyatnyono didatangi kurang lebih 200.000 peziarah. Munculnya desa wisata – desa wisata baru memberikan ancaman pada Desa Nyatnyono untuk menarik pengunjung mendatanginya. Desa Nyatnyono tidak pernah memiliki visual branding sebelumnya, kegiatan serta sarana promosi tidak pernah dilakukan dan dimiliki, sehingga objek wisata yang ada pada hari-hari biasa terlihat sepi. Menurut data Organisasi Turis Dunia (UNWTO) ada sekitar 330 juta wisatawan global atau 30 persen dari total keseluruhan wisatawan yang melakukan kunjungan ke situs-situs religius di dunia. Hal tersebut tentu sangat disayangkan apabila tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Desa Nyatnyono yang merupakan desa wisata religi. Untuk itu Desa Wisata Nyatnyono perlu memiliki visual branding sebagai identitas serta ciri khas yang menunjukan keunggulan wisatanya guna keperluan promosi. Perancangan visual branding pada Desa Wisata Nyatnyono ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary yang meliputi pengumpulan data, analisis khalayak sasaran, riset media, dan penetapan konsep. Proses pra produksi berupa pencarian referensi dan sketsa alternative desain. Produksi meliputi, digitalisasi desain logo alternatif, final logo, pengaplikasian identitas visual pada merchandise, konsultasi dosbing dan persetujuan klien, final art. Penyajian karya meliputi, pencetakan, pameran. Pada pembuatan visual branding dilakukan analisis karya untuk menghasilkan rancangan identitas visual yang baik. Analisis karya tersebut meliputi beberapa aspek antara lain, aspek teknis, aspek estetis, dan aspek komunikasi. Tugas akhir ini menghasilkan rancangan visual branding Desa Wisata Nyatnyono yaitu berupa keseluruhan media yang membangun brand Nyatnyono. Pembuatan karya visual branding bertujuan untuk meningkatkan citra brand Nyatnyono dan meningkatkan brand awareness Nyatnyono di mata wisatawan sehingga diharapkan dapat mempengaruhi keinginan wisatawan untuk mengunjungi Desa Wisata Nyatnyono.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Visual Branding, Visual Branding, Desa Wisata Nyatnyono Kab Semarang. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 12:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34881 |
Actions (login required)
View Item |