BENTUK DAN PESAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PILGUB JATENG 2018 BECIK TUR NYENENGKE
Muhamad Khalim , 2411412021 (2019) BENTUK DAN PESAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PILGUB JATENG 2018 BECIK TUR NYENENGKE. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (BENTUK DAN PESAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PILGUB JATENG 2018 BECIK TUR NYENENGKE)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penilitian ini adalah ingin mengetahui dan menjelaskan bentuk, pesan dan efektivitas iklan layanan masyarakat Pilgub Jateng 2018 Becik tur nyenengke. Secara motodologis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data mencakupi reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, iklan dibuat oleh KPU Provinsi Jawa Tengah dengan maksud sebagai sosialisasi kepada masyarakat khsusunya Jawa Tengah untuk menggunakan hak pilihnya di pemilihan kepala daerah/ pemilihan Gubernur tahun 2018. Iklan tersebut diberi nama Pilgub Jateng 2018 Becik tur nyenengke. Menampilkan beberapa pemeran yang mewakili sebagain besar masyarakat Jawa Tengah. Kedua, Iklan Pilgub Jateng 2018 Becik tur nyenengke merupakan jenis semiotika komunikasi. Terdapat enam faktor dalam komunikasi yaitu pengirim, penerima kode (sistem tanda), pesan, saluran komunikasi, acuan, dan komunikan/ penerima pesan. Adapun pesan yang terkandung dalam iklan tersebut ialah pemimpin itu tidak bisa sembarang orang, karena pemimpin tersebut akan menentukan nasib seluruh rakyat dimasa mendatang. Adapaun sedikit gambaran seorang pemimpin ialah mereka yang mau berbaur dan peduli terhadap seluruh elemen masyarakat yang tidak memandang status apapun. Sehingga pentingnya menggunakan hak suara dan jangan golput, satu suara akan sangat berpengaruh dalam pemilihan calon gubernur selanjutnya. Ketiga, Iklan Pilgub Jateng 2018 Becik tur nyenengke memiliki kualitas yang bagus akan tetapi kurang efektif terhadap target audiens karena kurangnya keseriusan sosialisasi KPU Provinsi Jawa Tengah melalui video iklan layanan masyarakat. Saran yang direkomendasikan adalah sebagai berikut: Pertama, disarankan kepada desainer untuk membuat tim khusus untuk pembuatan video tersebut dan untuk KPU untuk memberikan alokasi yang waktu yang cukup kepada desainer. Kedua, Kedepannya KPU Jawa Tengah dapat membuat event tertentu kaitannya dengan Pemilihan Kepala Daerah sebagai daya tarik tersendiri kepada masyarakat, sehingga sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan maksimal, di antaranya sosialisasi menggunakan media massa seperti Iklan Layanan Masyarakat Pilgub Jateng 2018 Becik tur nyenengke.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pilgub Jateng 2018, Iklan Layanan Masyarakat, semiotika, dan efektivitas iklan. |
Subjects: | N Fine Arts > NE Print media |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 12:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 12:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34876 |
Actions (login required)
View Item |