MAKNA VERSI IKAN HIU DALAM IKLAN OREO PENUH KEAJAIBAN (WONDERFILLED): KAJIAN SEMIOTIKA


Nur Alfi Laili , 2411412007 (2019) MAKNA VERSI IKAN HIU DALAM IKLAN OREO PENUH KEAJAIBAN (WONDERFILLED): KAJIAN SEMIOTIKA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MAKNA VERSI IKAN HIU DALAM IKLAN OREO PENUH KEAJAIBAN (WONDERFILLED): KAJIAN SEMIOTIKA]
Preview
PDF (MAKNA VERSI IKAN HIU DALAM IKLAN OREO PENUH KEAJAIBAN (WONDERFILLED): KAJIAN SEMIOTIKA) - Published Version
Download (627kB) | Preview

Abstract

Tahun 2012 oreo beralih kepemilikan kepada perusahaan Mondelēz International, sejalan dengan visi perusahaan yang ingin menjadikan oreo sebagai camilan favorit dunia, maka perusahan ingin memperluas target pasarnya yang dulu hanya diminati oleh anak-anak, oleh karena itu perusahaan bekerjasama dengan Martin Agency untuk menyajikan iklan baru dengan tema Penuh Keajaiban (Wonderfilled). Cara yang dilakukan adalah dengan melihat dunia melalui keajaiban kekanak-kanakan untuk mendekati berbagai segmentasi tanpa memandang usia. Oleh karena itu iklan oreo wonderfilled tersebut menggunakan konsep animasi dua dimensi. Karakter utama yang digunakan dalam iklan adalah ikan hiu, padahal hiu merupakan binatang air sangat buas yang memiliki gigi tajam dan berpotensi memakan manusia. Tujuan penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan penggunaan Ikan Hiu sebagai objek utama dalam iklan oreo penuh keajaiban (Wonderfilled). Dan menjelaskan makna iklan oreo penuh keajaian (Wonderfilled) versi hiu yaitu berupa pesan yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotik melalui teori Roland Barthes dan Aart Van Zoest. Teknik pengolahan data untuk rumusan masalah pertama menggunakan pendekatan semiotika dengan menggunakan analisis denotatif/sintaksis dan analisis konotatif/semantik, sedangkan untuk mencari makna iklan menggunakan pendekatan teori Aart Van Zoest melalui analisis pragmatik. Objek penelitian berupa video animasi yang memiliki durasi 31 detik yang telah dipotong menjadi 21 scene. Ikan Hiu digambarkan dengan deformasi Ikan Hiu berwarna abu-abu yang memiliki mulut yang lebar dan gigi sejajar berbentuk segitiga. Ikan Hiu digunakan sebagai tokoh utama dalam iklan karena Ikan Hiu merupakan hewan yang paling buas dan sangat ditakuti dalam ekosistem lautan yang bisa mewakili target utama iklan yaitu manusia. Karakter utama dalam iklan adalah hiu yang di dalam iklan digambarkan dengan mulutnya yang sangat lebar untuk mewakili konsumen yang sangat luas dari konsumen kelas bawah sampai konsumen kelas atas, hal ini sesuai dengan tujuan perusahaan yang mempunyai segmentasi pasar menyeluruh. Sedangkan makna iklan adalah perusahaan menuntut respon dari konsumen melalui tindakan saling berbagi biskuit oreo pada sesama tanpa memandang usia atau gender, juga menuntut untuk menciptakan persahabatan, kerukunan, persatuan dan menghilangkan permusuhan, karena kenikmatan biskuit oreo yang mampu menghadirkan keajaiban melalui tindakan saling berbagi biskuit oreo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan Oreo, Hiu, Kajian Semiotika
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jan 2020 18:58
Last Modified: 28 Jan 2020 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34873

Actions (login required)

View Item View Item