BENTUK DAN PESAN IKLAN JELAJAH JAWA TENGAH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION


Ekky Nugraheni , 2411412003 (2019) BENTUK DAN PESAN IKLAN JELAJAH JAWA TENGAH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of BENTUK DAN PESAN IKLAN JELAJAH JAWA TENGAH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION]
Preview
PDF (BENTUK DAN PESAN IKLAN JELAJAH JAWA TENGAH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION) - Published Version
Download (660kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk, struktur, tema dan pesan iklan Jelajah Jawa Tengah CSR Djarum Foundation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data mencakupi reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Bentuk iklan berupa video yang mencakup 41 tempat wisata yang unik dari 10 kota/kabupaten di Jawa Tengah yakni Boyolali, Banjarnegara, Magelang, Jepara, Kudus, Banyumas, Solo, Pekalongan, Wonosobo dan Semarang. Terdapat ikon-ikon terkenal pada setiap daerah dan sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Struktur iklan yaitu terdiri dari 10 scene yang dikelompokkan sesuai dengan nama kota/kabupaten. Setiap scene terdiri dari potongan gambar yang diambil dari video iklan yang memiliki unsur teks dan unsur visual. Adapun tema umum iklan JJT yaitu tema sosial yang mencakup kekayaan alam daerah, ikon daerah dan potensi wisata daerah di Jawa Tengah. Tema tersebut diambil karena sesuai dengan tujuan CSR Djarum Foundation yaitu Bakti Budaya yang berarti mempersembahkan sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan sebuah daerah. Pesan iklan JJT didapatkan melalui analisis dengan teori semiotika John Fiske. Terdapat pesan verbal dan non verbal dari iklan Jelajah Jawa Tengah. Pesan verbal yang disampaikan melalui iklan yaitu ingin menunjukkan bahwa di Jawa Tengah mempunyai destinasi lengkap untuk berwisata kalangan anak muda. Potensi alam yang indah, kebudayaan, kesenian dan kuliner khas setiap daerah dapat dinikmati oleh wisatawan. Tidak hanya pesan verbal, adapun pesan non verbal yaitu secara tidak langsung iklan tersebut juga mempromosikan PT. Djarum dan ingin memperlihatkan citra baik dari PT. Djarum kepada masyarakat bahwa PT. Djarum sangat peduli terhadap lingkungan sekitar. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu jenis font sebaiknya diganti Arial. Durasi tidak terlalu lama dibuat versi 2 menit dan tempo tidak terlalu cepat. Pemilihan pemeran harus lebih muda dan tidak berpakaian terlalu dewasa. Format iklan lebih dilengkapi agar informasi iklan tersampaikan dengan jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan Jelajah, Jawa Tengah, komunikasi, visual, pesan iklan.
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jan 2020 18:14
Last Modified: 28 Jan 2020 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34871

Actions (login required)

View Item View Item