PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN TIRTA ASRI GIRLI TEMANGGUNG


Muhamad Selpa Briana , 2411314016 (2019) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN TIRTA ASRI GIRLI TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN TIRTA ASRI GIRLI TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN TIRTA ASRI GIRLI TEMANGGUNG) - Published Version
Download (552kB) | Preview

Abstract

Rumah Makan Tirta Asri Girli merupakan rumah makan milik Bapak Lukito yang berlokasi di Jalan Raya Parakan-Ngadirejo KM1, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berawal dari keinginan pemilik usaha untuk memperluas dan membangun ulang tempat usaha, pemilik usaha ingin mengubah konsep rumah makannya berbeda dengan sebelumnya. Sebagai salah satu dalam jajaran rumah makan berkualitas terbaik di wilayah Kota Parakan, Rumah Makan Tirta Asri Girli ingin menunjukkan kelasnya kepada kompetitor dengan mengubah konsep dari yang sebelumnya merupakan rumah makan dan pondok lesehan menjadi rumah makan berkonsep semi fine dining, sehingga Rumah Makan Tirta Asri Girli dapat menunjukkan tingkatnya sebagai rumah makan berkualitas. Dikarenakan identitas visual Rumah Makan Tirta Asri Girli yang sebelumnya tidak dapat mempresentasikan konsep baru, maka perancangan ulang identitas visual diperlukan. Secara garis besar, proses perancangan Tugas Akhir ini melalui 4 tahap yaitu proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi, dan proses pasca-produksi. Teknik cetak yang digunakan dalam karya meliputi digital printing, bordir, dan press. Melalui proses perancangan ulang identitas visual yang kemudian diterapkan pada media promosi tersebut, dihasilkan karya berupa logo, stationery set (kop surat, map, kartu nama, nota, name tag, buku catatan, amplop, stempel, buku menu, banner, leaflet, brosur, uniform) dan merchandise berupa pin. Proses perancangan karya tetap memperhatikan unsur-unsur desain dan prinsip-prinsipnya hingga tercipta desain yang estetis. Perancangan ulang karya identitas visual serta penerapannya pada media promosi ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, memperluas segmentasi pasar dan juga memberikan citra baru yang sesuai konsep, misi dan visi tempat usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: redesain, identitas visual, media promosi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:29
Last Modified: 28 Jan 2020 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34867

Actions (login required)

View Item View Item