PENGEMBANGAN APLIKASI GAME “CHINESE FIND OBJECT” BAGI PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR BERBASIS SMARTPHONE ANDROID


Suci Wulan Febriana , 2404415017 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME “CHINESE FIND OBJECT” BAGI PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR BERBASIS SMARTPHONE ANDROID. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI GAME “CHINESE FIND OBJECT” BAGI PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR BERBASIS SMARTPHONE ANDROID]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME “CHINESE FIND OBJECT” BAGI PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR BERBASIS SMARTPHONE ANDROID) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan peserta didik yang mengalami kesulitan mempelajari kosa kata bahasa Mandarin dan permasalahan pendidik dalam memilih media yang kreatif, inovatif dan efektif untuk mendukung peserta didik belajar secara mandiri. Permasalahan tersebut dikarenakan peserta didik cenderung kesulitan dalam mengingat karakter hanzi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang terbiasa mempelajari kosakata secara mandiri dan kurangnya variasi media yang dapat menarik minat belajar peserta didik. Meskipun media yang digunakan cukup beragam, akan tetapi belum ada media yang efektif untuk memaksimalkan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya mengembangkan media yang berupa game edukasi berbasis smartphone android yaitu game Chinese Find Object. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) mengetahui analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap game Chinese Find Object 2) mengetahui prototipe game Chinese Find Object, 3) mengetahui validasi penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe game Chinese Find Object, dan 4) mengetahui tanggapan siswa terhadap media game edukasi Chinese Find Objcet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan enam tahapan, yaitu (1) analisis kebutuhan (2) perancangan desain (3) implementasi desain (4) pengujian dan validasi ahli, (5) revisi media, dan (6) uji coba kelayakan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik menghendaki adanya pengembangan media baru yang kreatif, inovatif dan fleksibel yang dilengkapi dengan animasi dan audio yang sesuai, dan media dapat dioperasikan di smartphone android dalam versi apapun. Media menggunakan bahasa Inggris-Mandarin sebagai pengantar dan kosakata HSK 1 dan HSK 2. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa game edukasi Chinese Find Object mendapat nilai rata-rata keseluruhan 86,73 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan, sedangkan validasi oleh ahli media mendapat nilai rata-rata keseluruhan 87,64 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan. Media kemudian diperbaiki dengan saran perbaikan yang diberikan para ahli pada aspek-aspek tertentu. Saran perbaikan pada aspek kelayakan penyajian adalah gambar objek diperbesar dan saran perbaikan pada aspek kelayakan bahasa adalah menambahkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Media selanjutnya diuji cobakan dalam skala terbatas, untuk mengetahui tanggapan dan pengaruh media terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, game, Chinese Find Object, kosakata, android.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jan 2020 13:06
Last Modified: 28 Jan 2020 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item