EFEKTIVITAS MODEL TAI (Team Assisted Individualization) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMP KEBON DALEM SEMARANG
Yohana Agustin , 2404415015 (2019) EFEKTIVITAS MODEL TAI (Team Assisted Individualization) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMP KEBON DALEM SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS MODEL TAI (Team Assisted Individualization) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMP KEBON DALEM SEMARANG)
- Published Version
Download (839kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berbicara dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin dengan KKM 70. Keterampilan berbicara dan membaca bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Kebon Dalem Semarang tergolong masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah model pembelajaran yang kurang inovatif dan monoton. Salah satu upaya yang ditawarkan sebagai alternatif pemecahan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektivitas model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan membaca bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Kebon Dalem Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan membaca bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Kebon Dalem Semarang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes lisan dan tulisan. Instrumen nontes yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata posttest berbicara berdasarkan data pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata keterampilan berbicara 69,04 dan 74,68. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 69,44 dan 71,93. Adapun pretest-posttest keterampilan membaca kelas eksperimen 60,29 dan 70,93, sedangkan nilai keterampilan membaca pretest-posttest kelas kontrol 48,59 dan 59,85. Dari perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test, hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) efektif untuk keterampilan berbicara dan membaca bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Kebon Dalem Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, TAI, Berbicara dan Membaca |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 13:03 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34861 |
Actions (login required)
View Item |