KINDS OF LOVE PADA INISIATOR DAN NON INISIATOR PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA KELAS I SEMARANG


Rizki Dwi Fajriati , 1511414054 (2019) KINDS OF LOVE PADA INISIATOR DAN NON INISIATOR PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA KELAS I SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KINDS OF LOVE PADA INISIATOR DAN NON INISIATOR PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA KELAS I SEMARANG]
Preview
PDF (KINDS OF LOVE PADA INISIATOR DAN NON INISIATOR PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA KELAS I SEMARANG) - Published Version
Download (779kB) | Preview

Abstract

Cinta adalah bentuk emosi manusia yang mempengaruhi cara berpikir, perasaan dan tingkah laku seseorang. Cinta menurut Sternberg mempunyai tiga komponen yaitu keintiman (intimacy) gairah (passion) dan komitmen (commitment). Cinta mempunyai bentuk-bentuk yang disebut Kinds of Love yaitu, Liking, Infatuated Love, Empty love, Romantic Love, Companionate Love, Fatous Love, Consummate Love, Non Love. Cinta merupakan landasan bagi seseorang yang akan menikah. Realitanya, manifestasi cinta tidak seperti pada saat sebelum menikah, kemudian muncul inisiasi untuk bercerai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran jenis cinta atau Kinds of Love yang dimiliki oleh Inisiator perceraian serta mengetahui gambaran jenis cinta atau Kinds of Love yang dimiliki oleh Non Inisiator Perceraian di Pengadilan Agama Kelas I Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu inisiator dan non inisiator perceraian yang sedang proses sidang perceraian di Pengadilan Agama Kelas I Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Sternberg’s Triangular Love Scale yang sudah diadaptasi. Skala terdiri dari 31 item dengan koefisien validitas 0,325 sampai 0,691 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,881. Hasil penelitian diperoleh adalah 1) gambaran Kinds of Love pada inisiator didominasi oleh jenis Consummate Love dengan komponen yang paling berkontribusi adalah commitment yang mempunyai kategorisasi sangat tinggi, 2) gambaran Kinds of Love pada inisiator didominasi oleh jenis Consummate Love dengan komponen yang paling berkontribusi adalah commitment yang mempunyai kategorisasi sangat tinggi, 3) gambaran Kinds of Love pada non inisiator disominasi oleh oleh jenis Consummate Love dengan komponen yang paling berkonstribusi adalah commitment yang mempunyai kategorisasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinds of Love, Inisiator, Non Inisiator, Perceraian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 20:33
Last Modified: 28 Jan 2020 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item