PENGARUH IRI PADA PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 BERGAS & TUNTANG


Abinizar Zulvikar , 1511414047 (2019) PENGARUH IRI PADA PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 BERGAS & TUNTANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH IRI PADA PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 BERGAS & TUNTANG]
Preview
PDF (PENGARUH IRI PADA PRESTASI BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 BERGAS & TUNTANG) - Published Version
Download (746kB) | Preview

Abstract

Motivasi dari siswa merupakan suatu hal yang sering menjadi permasalahan dikarenakan motivasi dari siswa yang sering naik-turun berpengaruh dalam hasil akademik dari siswa sendiri. Hal yang berpengaruh pada motivasi salah satunya adalah adanya perbandingan dari diri nya dengan siswa lain. Perbandingan yang biasa terjadi diantara siswa adalah dalam nilai yang didapatkan diantara siswa, hal itu sangat terlihat ketika guru mengadakan ulangan yang hasilnya biasanya berupa nilai dari tiap siswa itu sendiri, ketika siswa yang mendapatka nilai kurang baik biasanya akan membandingkan dengan siswa lain yang mendapatkan nilai yang lebih baik, hal itu menyebabkan munculnya pembicaraan antara siswa yang mendapatkan nilai kurang baik berupa kecurigaan dari siswa yang pada ujungnya menjadikan iri pada siswa itu sendiri. Berdasarkan wawancara awal oleh peneliti, siswa yang merasa iri pada temannya banyak menyebutkan tentang nilai dari teman-teman nya yang berbeda dengan nilai yang diperoleh siswa tersebut. Siswa yang merasa iri pada temannya sesama siswa yang memperoleh nilai yang lebih tinggi dari siswa lain, mereka mempermasalahkan tentang cara belajar siswa yang mendapatkan nilai lebih tinggi dari siswa lain. Oleh sebab itu pada penelitian ini mencoba membahas mengenai pengaruh dari iri terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Bergas & Tuntang. Penelitain ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Bergas & Tuntang. Subjek penelitian diambil menggunakan cara random sampling dengan memperoleh jumlah subjek penelitian sebesar 177 siswa. Data diambil mengunakan skala likert yang terbagi menjadi 2 skala yaitu skala psikologi iri dan skala psikologi motivasi belajar dengan jumlah aitem sebanyak 56 butir. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari iri pada prestasi belajar terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Bergas & Tuntang, ditunjukan malalui hasil perhitungan menggunakan SPSS mendapatkan nilai signifikansi pada penelitian ini sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,005 dan mendapatkan koefisien X yang bernilai -0,410. Pengaruh iri terhadap motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Bergas & Tuntang dari perhitungan menggunakan SPSS memperoleh hasil R=0,061 yang dikalikan 100% sehingga menadapat hasil 6,1%, selebihnya sebesar 93,9% motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iri, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 20:28
Last Modified: 27 Jan 2020 20:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34849

Actions (login required)

View Item View Item