HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN PERILAKU MENENTANG DENGAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR


Endah Sri Wahyuni , 1511414007 (2019) HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN PERILAKU MENENTANG DENGAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN PERILAKU MENENTANG DENGAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN PERILAKU MENENTANG DENGAN PERILAKU BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (730kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi pendukung dalam proses pembangunan nasional. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus lebih ditingkatkan agar keberhasilan dalam pendidikan juga dapat tercapai. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki atau mengatasi masalah-masalah mendasar dalam bidang pendidikan, yaitu masalah yang berkaitan dengan siswa, guru maupun program yang ada di sekolah. Salah satunya adalah mengenai perilaku belajar dan juga perilaku menentang yang dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku belajar pada siswa Sekolah Dasar, 2) Gambaran gangguan perilaku menentang pada anak Sekolah Dasar, 3) Hubungan antara gangguan perilaku menentang dengan perilaku belajar pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar yang ada di Kota Semarang. Karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti dalam pengambilan populasi pada penelitian ini adalah: a) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Gunungpati dan b) Siswa di SDN Mangunsari 01 & SDN Plalangan 03. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan berbagai teknik yaitu pemberian kuesioner variabel perilaku belajar dan kuesioner variabel gangguan perilaku menentang. Hasil dari penelitian ini adalah nilai dari koefisien korelasi yang diperoleh dari perhitungan dengan Korelasi Spearman Rank dengan bantuan pengolah data menunjukkan hasil sebesar 0,620**. Artinya, tingkat kekuatan hubungan atau korelasi antara variabel kecenderungan gangguan perilaku menentang dengan perilaku belajar adalah sebesar 0,620. Tanda bintang (**) artinya korelasi bernilai signifikan pada angka signifikansi sebesar 0, 01. Sedangkan nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) yang dimiliki oleh kedua variabel adalah sebesar 0,000 dimana Sig. (2-tailed) 0,000 < 0, 05 atau 0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Sekolah Dasar, Perilaku Belajar, Perilaku Menentang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:35
Last Modified: 27 Jan 2020 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34840

Actions (login required)

View Item View Item