PEMBELAJARAN SENI LUKIS KALIGRAFI PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYYAH NEGERI 1 KAB. SEMARANG


Muhammad Fuadi , 2401414036 (2019) PEMBELAJARAN SENI LUKIS KALIGRAFI PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYYAH NEGERI 1 KAB. SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI LUKIS KALIGRAFI PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYYAH NEGERI 1 KAB. SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI LUKIS KALIGRAFI PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYYAH NEGERI 1 KAB. SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Melukis merupakan salah satu bentuk kegiatan berkreasi seni yang mampu menghadirkan kreasi dan ekspresi dari apa yang ada pada diri kita. Berkarya seni lukis kaligrafi merupakan kegiatan berkarya seni lukis seperti melukis pada umumnya namun menggunakan gubahan tulisan Arab sebagai objeknya. Rumusan masalah penelitian ini meliputi bagaimana pembelajaran seni lukis kaligrafi di MAN 1 Kabupaten Semarang dan juga bagaimana kreasi dalam berkarya seni lukis kaligrafi di MAN 1 Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan pembelajaran seni lukis kaligrafi di MAN 1 Kabupaten Semarang, dan untuk mendeskripsikan hasil kreasi seni lukis kaligrafi di MAN 1 Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan penelitian ini yakni pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, studi data dokumen dengan dibantu teknik perekaman. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian seni lukis kaligrafi bagi siswa kelas X di MAN 1 Kabupaten Semarang pada pelaksanaan pembelajaran menghasilkan beberapa karya yang digolongkan menjadi 3 yakni sangat baik, baik, dan cukup. Hasil kreasi siswa kelas X menunjukkan hasil yang cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari sebagian besar siswa mampu menghadirkan kualitas visual yang baik dan mampu menghadirkan khat-khat yang sesuai. Hasil evaluasi pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata dari 34 siswa dengan 6 siswa yang belum mengumpulkan karya mencapai angka 79,1 yang tergolong pada kategori baik. Angka 79,1 merupakan hasil dari persentase nilai anak dengan kategori sangat baik 32,14%, kategori nilai baik 25% dan kategori nilai cukup 42,85%. Saran bagi guru, dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya di sekolah hendaknya disesuaikan dengan RPP, meteri perlu diperkuat dan diperbanyak ketika awal pertemuan sebelum praktik, kemudian saran untuk pihak sekolah, hendaknya memberikan dukungan lebih terhadap seni budaya khususnya seni rupa seperti penambahan fasilitas yang memadahi serta keleluasaan dalam berkreasi untuk menghasilkan karya yang baik, mendapatkan hasil yang maksimal dan nantinya mampu bersaing di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Lukis, Kaligrafi.
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:32
Last Modified: 27 Jan 2020 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34838

Actions (login required)

View Item View Item