ACADEMIC ENGAGEMENT DITINJAU DARI STATUS BEKERJA ATAU TIDAKNYA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG
Gavin Anderson Sianturi , 1511413132 (2019) ACADEMIC ENGAGEMENT DITINJAU DARI STATUS BEKERJA ATAU TIDAKNYA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ACADEMIC ENGAGEMENT DITINJAU DARI STATUS BEKERJA ATAU TIDAKNYA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (932kB) | Preview |
Abstract
Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk belajar serius dengan mengerahkan segala potensi dan strategi yang ada agar bisa digunakan di masyarakat. Sebagian mahasiswa juga mengaplikasikan ilmu dan mencari pengalaman dengan kuliah sambil bekerja, agar bisa memenuhi kebutuhan hidup, menambah pengalaman dan soft skill. Mahasiswa yang bekerja mendapatkan pengenalan yang lebih mendalam tentang dunia kerja. Akan tetapi, mahasiswa yang bekerja mempunyai kesulitan di bidang akademis, contohnya tidak bisa membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Kesulitan di bidang akademis juga dialami mahasiswa yang tidak bekerja, karena tidak ada motivasi dan atensi terhadap perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat academic engagement status mahasiswa yang bekerja, gambaran tingkat academic engagement status mahasiswa yang tidak bekerja, dan ada tidaknya perbedaan tingkat academic engagement pada status mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 orang dengan rincian 100 orang mahasiswa yang bekerja dan 100 orang mahasiswa yang tidak bekerja di kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan alat ukur skala academic engagement. Skala academic engagement berisi 19 aitem dengan koefisien validitas aitem antara 0,065 sampai dengan 0,373 pada taraf signifikansi 5%, dan koefisien reliabilitas sebesar 0,875. Dalam rangka menjawab gambaran tingkat academic engagement pada mahasiswa yang bekerja dan yang tidak bekerja menggunakan prinsip statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan metode analisis T-test, dengan nilai signifikansi dari penelitian 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) dari penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian academic engagement pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja menunjukkan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat academic engagement pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari tiga dimensi yaitu vigor, absorption, dan dedication. Untuk selanjutnya, mahasiswa yang bekerja harus bisa membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Bagi peneliti selanjutnya dapat meninjau dari sisi lain seperti jenis kelamin, tingkat pendidikan, faktor usia, dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | academic engagement, mahasiswa yang bekerja, mahasiswa tidak bekerja |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 18:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 18:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34835 |
Actions (login required)
View Item |