PERBEDAAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI SMPN 3 SEMARANG DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN LES MUSIK


Riko Septyan Nor Saputra , 1511413127 (2019) PERBEDAAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI SMPN 3 SEMARANG DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN LES MUSIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI SMPN 3 SEMARANG DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN LES MUSIK]
Preview
PDF (PERBEDAAN REGULASI EMOSI PADA REMAJA DI SMPN 3 SEMARANG DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN LES MUSIK) - Published Version
Download (890kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengendalian emosi pada remaja mengakibatkan terjadinya pelampiasan emosi dengan cara yang negatif. Semakin banyaknya kasus pelanggaran hukum pada remaja seperti penganiayaan, tawuran, bahkan pembunuhan merupakan dampak dari kurang adanya regulasi emosi. Emosi positif dan emosi negatif pada individu bisa dilatih dan dikontrol, salah satunya dengan belajar musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan regulasi emosi pada remaja di SMPN 3 Semarang ditinjau dari keikutsertaan les musik. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Semarang yang mengikuti les musik dan tidak mengikuti les musik. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa, dengan rincian 50 siswa yang mengikuti les musik dan 50 siswa yang tidak mengikuti les musik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala regulasi emosi. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-test dengan menggunakan bantuan software komputer. Koefisien validitas aitem antara 0,325 sampai 0,759. Hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,933 yang termasuk dalam kategori tinggi. Nilai t diperoleh sebesar -10,385 dan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti ada perbedaan regulasi emosi pada remaja di SMPN 3 Semarang yang ditinjau dari keikutsertaan les musik. Mean kelompok yang mengikuti les musik sebesar 117,16 dan mean kelompok yang tidak mengikuti les musik sebesar 96,98, ini menunjukkan bahwa remaja di SMPN 3 Semarang yang mengikuti les musik memiliki regulasi emosi yang lebih tinggi dibandingkan dengan remaja yang tidak mengikuti les musik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Remaja, Musik, Les Musik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:24
Last Modified: 27 Jan 2020 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34834

Actions (login required)

View Item View Item