PENGARUH PENGGUNAAN DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS II DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA


Rama Wijaya , 1511413107 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS II DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS II DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS II DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA) - Published Version
Download (846kB) | Preview

Abstract

Menyimak merupakan bagian penting dalam berkomunikasi. Menyimak merupakan proses dalam berkomunikasi dimana penerima pesan mengengarkan pesan dengan memahami isi pesan tersebut. Menyimak juga diperlukan untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, Oleh karena itu siswa harus memiliki kemampuan menyimak. Namun pembelajaran yang konvensional menyebabkan pelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dongeng menggunakan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas II. Selain itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang telah ditemukan bahwa siswa terdapat beberapa siswa kelas II MI Istiqomah Sambas Purbalingga yang mendapatkan nilai bahasa Indonesia pada bab kegiatan menyimak dongeng dibawah nilai yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian dongeng menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas II MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Subyek penelitan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelas yang diambil dari keseluruhan 5 kelas populasi yang ada pada kelas II. Perlakuan diberikan sebanyak 2 kali, sebelum dimulainya perlakuan subyek penelitian diberikan pretest. Setelah perlakuan dilakukan posttest. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan test prestasi untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa. Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada perbedaan nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol yang signifikan, selain itu tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan dongeng menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai sig (0,855) > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan hasil posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal tersebut juga ditunjukan dari nlai rata-rata hasil posttest yaitu kelompok eksperimen sebesar 13,5 dan kelompok kontrol sebesar 13,4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Boneka Tangan, Dongeng, Kemampuan menyimak, siswa kelas II
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:19
Last Modified: 27 Jan 2020 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item View Item