HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DI PT. BPR ARTHA KRAMAT KOTA TEGAL
Dedy Kurniawan , 1511413061 (2019) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DI PT. BPR ARTHA KRAMAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING DI PT. BPR ARTHA KRAMAT KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (935kB) | Preview |
Abstract
Perusahaan-perusahaan di Indonesia menghadapi masalah dalam mempertahankan karyawan yang berprestasi. Baik perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, migas maupun manufaktur. Seringkali suatu keberhasilan atau kesuksesan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) ketika indikator turnover karyawan rendah, artinya kemampuan perusahaan dalam mengelola karyawan sudah memadai. PT. BPR Artha Kramat Tegal memiliki data turnover yang menunjukan peningkatan dalam setiap tahunnya. Pada tahun 2014 (18,28%), 2015 (21,87%), 2016 (19,50%), dan 2017 (25,40%). Intensi turnover karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor kepribadian, dimana hardiness merupakan karakteristik kepribadian yang tangguh. Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara hardiness dan intensi turnover pada karyawan bagian marketing di PT. BPR Artha Kramat Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 karyawan bagian marketing PT. BPR Artha Kramat Tegal dengan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala intensi turnover yang terdiri dari 38 aitem valid dan skala hardiness yang terdiri dari 34 aitem valid. Skala intensi turnover memiliki koefisien validitas sebesar 0,427 sampai dengan 0,960 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,977. Skala hardiness memiliki koefisien validitas sebesar 0,411 sampai dengan 0,875 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,960. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik korelasi Product-Moment untuk mengungkap hubungan antar dua variabel. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dan intensi turnover pada karyawan bagian marketing di PT. BPR Artha Kramat Tegal (nilai r = -0,676 dengan p < 0,001), selain itu hasil penelitian juga menunjukan hardiness memberikan sumbangan efektif terhadap intensi turnover sebesar 45,69%. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa gambaran secara umum intensi turnover berada pada kategori tinggi dengan persentase 60% dan gambaran secara umum hardiness berada pada kategori rendah dengan persentase 53,33%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hardiness, intensi turnover |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 18:11 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 18:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34828 |
Actions (login required)
View Item |