Perilaku Prososial Masyarakat Arab yang Berelasi dengan Masyarakat Jawa di Mulyoharjo Kabupaten Pemalang


Haidar Farras Hilmy , 1511413021 (2019) Perilaku Prososial Masyarakat Arab yang Berelasi dengan Masyarakat Jawa di Mulyoharjo Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perilaku Prososial Masyarakat Arab yang Berelasi dengan Masyarakat Jawa di Mulyoharjo Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Perilaku Prososial Masyarakat Arab yang Berelasi dengan Masyarakat Jawa di Mulyoharjo Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena Perkampungan Arab yang membentuk kelompok di Mulyoharjo Pemalang. Kabupaten Pemalang termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Seperti wilayah Jawa pada umumnya, Penduduk pribumi Pemalang adalah etnis Jawa. Akan tetapi kenyataanya ada sebagian penduduk di kabupaten ini yang bukan termasuk etnis Jawa dan seringkali dijumpai etnis Arab mendiami wilayah tersebut dan sudah menjadi warga Pemalang. Hal ini menujukan bahwa bangsa Arab sudah lama memasuki wilayah itu. Fakta yang dapat ditemukan adalah adanya pemukiman etnis Arab yang berlokasi di desa Mulyoharjo, kecamatan Pemalang dan di desa Banyumudal, kecamatan Moga, karena banyaknya etnis arab yang bermukim di wilayah tersebut sehingga wilayah tersebut dinamakan “Kampung Arab”. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana Perilaku Prososial Etnis Arab yang tinggal berdampingan dengan mayoritas Etnis Jawa di Pemalang. Seseorang dikatakan berperilaku prososial jika individu tersebut menolong individu lain tanpa memperdulikan motif-motif si penolong, timbul karena adanya penderitaan yang dialami oleh orang lain yang meliputi saling membantu, saling menghibur, persahabatan, penyelamatan, pengorbanan, kemurahan hati, dan saling membagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Prososial Masyarakat Arab di Pemalang yang berinteraksi dengan Masyarakat Jawa di Pemalang serta faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku prososial tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 4 Subjek Masyarakat Keturunan Arab yang tinggal di Mulyoharjo Pemalang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang selanjutnya di transkrip. Berdasarkan hasil penelitian secara umum bahwa Perilaku Prososial Subjek 1 dan Subjek 2 lebih tinggi dibandingkan Subjek 3 dan Subjek 4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Masyarakat Arab, Masyarakat Jawa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:26
Last Modified: 27 Jan 2020 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34810

Actions (login required)

View Item View Item