KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA (STUDI PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TK DI KEC.PETARUKAN KAB.PEMALANG)


Rindiya Eka Nurprikhatin , 1511413017 (2019) KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA (STUDI PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TK DI KEC.PETARUKAN KAB.PEMALANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA (STUDI PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TK DI KEC.PETARUKAN KAB.PEMALANG)]
Preview
PDF (KEMANDIRIAN ANAK DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA (STUDI PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TK DI KEC.PETARUKAN KAB.PEMALANG)) - Published Version
Download (672kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah beragam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak-anaknya begitupun dengan tingkat kemandirian anak yang ditunjukkan akan berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam dengan jenis penelitian metode komparasi. Populasi penelitian adalah orang tua yang memiliki anak TK di Kec. Petarukan Kab. Pemalang. Sampel penelitian ini adalah 313 menggunakan probability sampling dengan jenis area probability sampling . Untuk mengetahui kemandirian anak ditinjau dari pola asuh orang tua, tiap orang tua diberi skala pola asuh orang tua 29 item, koefisien reliabilita skala pola asuh orang tua sebesar 0,916 yang mampu mengungkap tiga komponen diantaranya pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Sedangkan skala kemandirian sebanyak 30 item, koefisien reliabilita skala kemandirian sebesar 0,937 yang mampu mengungkap empat komponen diantaranya aspek ekonomi, aspek emosi, aspek intelektual , dan aspek sosial. Hasil perhitungan dengan teknik komparasi one way anova memperlihat kan nilai F hitung 8.574 dengan signifikansi 0,000 karena signifikansi < 0,05, maka menunjukkan bahwa ada perbedaan kemandirian anak ditinjau dari pola asuh orang tua, sehingga hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas bahwa ada perbedaan kemandirian ditinjau dari pola asuh orang tua. Maka sebagai orang tua harus menyadari posisinya untuk menerapkan pola asuh dan memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak terutama kemandirian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:15
Last Modified: 27 Jan 2020 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item