PARTIKEL LAM AMR DAN LAM DU’A BESERTA MA’MULNYA DALAM AL-QURAN (ANALISIS MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS)


Kevin Yudi Egi Stevani , 2303415050 (2019) PARTIKEL LAM AMR DAN LAM DU’A BESERTA MA’MULNYA DALAM AL-QURAN (ANALISIS MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PARTIKEL LAM AMR DAN LAM DU’A BESERTA MA’MULNYA DALAM AL-QURAN (ANALISIS MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS)]
Preview
PDF (PARTIKEL LAM AMR DAN LAM DU’A BESERTA MA’MULNYA DALAM AL-QURAN (ANALISIS MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lam amr dan lam du’ā merupakan salah satu ‘amil jazm yang menjazmkan satu fi’l mudlāri’, yang mempunyai makna thalab (permintaan). Penelitian ini membahas tentang lam amr dan lam du’ā dalam al-Quran. Lam amr mempunyai makna perintah sedangkan lam du’ā mempunyai makna do’a. Jenis fi’l mudlāri’ yang terinfleksi lam amr dan lam du’ā menjadikan penanda gramatikal yang berbeda-beda. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apa saja lam amr dan lam du’ā dalam al-Qur’an? (2) Bagaimana jenis fi’l mudlāri’ yang terinfleksi lam amr dan du’ā dalam al-Qur’an? (3) Apa penanda gramatikal fi’l mudlāri’ yang terinfleksi lam amr dan lam du’ā dalam al-Qur’an? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen yag digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data dan lembar rekapitulasi data. Analisis data menggunakan metode distribusional teknik bagi unsur langsung. Hasil penelitian ini ditemukan 80 data lam amr dan 1 data lam du’ā dalam al-Qur’an. Berdasarkan konsonan pembentuknya, peneliti menemukan 42 fi’l mudlāri’ shachīh dan 39 fi’l mudlāri’ mu’tal. 42 fi’l mudlāri’ shachīh meliputi 28 fi’l shachih berjenis sālim, 8 fi’l shachīh berjenis mahmūz, dan 6 fi’l shachih berjenis mudla’af. Adapun peneliti menemukan 9 fi’l mudlāri’ mu’tal berjenis mitsāl, 9 fi’l mu’tal berjenis ajwāf, 17 fi’l mu’tal berjenis nāqish dan 4 fi’l mu’tal berjenis lafīf mafrūq yang dimasuki lam amr dan lam du’ā. Berdasarkan keaslian bentuk dan jumlah konsonannya peneliti menemukan 48 fi’l berjenis mujarrad dan 33 fi’l berjenis māzid. Berdasarkan keberadaan objeknya peneliti menemukan 19 fi’l berjenis lāzim dan 62 fi’l berjenis muta’addiy. Berdasarkan gendernya peneliti menemukan 76 fi’l berjenis mudzakkar dan 5 fi’l berjenis muannats. Berdasarkan bilangannya peneliti menemukan 51 fi’l berjenis mufrad (tunggal) dan 30 fi’l berjenis jama’ (jamak) sedangkan fi’l yang berjenis mutsannā (dual) tidak ditemukan. Berdasarkan persona atau pelaku peneliti menemukan 1 fi’l pelaku utama dan 80 fi’l pelaku ketiga sedangkan fi’l pelaku kedua tidak ditemukan. Berdasarkan keberadaan subjeknya peneliti menemukan 81 fi’l berjenis ma’lūm (aktif) dan fi’l berjenis majhūl (pasif) tidak ditemukan. Penanda gramatikal fi’l mudlāri’ yang dimasuki lam amr dan lam du’ā dalam al-Qur’an terdiri atas 40 data yang ditandai dengan sukun, 28 data yang ditandai dengan Membuang nun, dan 12 data yang ditandai dengan Membuang huruf ‘illati dan 1 data mabniy fatchah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Lam Amr dan Lam Du’ā, Morfologi, Sintaksis.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:18
Last Modified: 27 Jan 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34806

Actions (login required)

View Item View Item