SISTEM KEPERCAYAAN (BELIEF) MASYARAKAT PESISIR JEPARA PADA TRADISI SEDEKAH LAUT (Studi pada masyarakat Desa Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara)


Sofia Nurul Fitriyani , 1511413009 (2019) SISTEM KEPERCAYAAN (BELIEF) MASYARAKAT PESISIR JEPARA PADA TRADISI SEDEKAH LAUT (Studi pada masyarakat Desa Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SISTEM KEPERCAYAAN (BELIEF) MASYARAKAT PESISIR JEPARA PADA TRADISI SEDEKAH LAUT (Studi pada masyarakat Desa Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara)]
Preview
PDF (SISTEM KEPERCAYAAN (BELIEF) MASYARAKAT PESISIR JEPARA PADA TRADISI SEDEKAH LAUT (Studi pada masyarakat Desa Jobokuto Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara)) - Published Version
Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa jika masyarakat pesisir Jepara tidak melakukan tradisi sedekah laut atau melakukan tradisi sedekah laut tetapi ada sesaji yang tidak komplit mereka percaya akan terjadi musibah dan hasil tangkapan laut tidak melimpah. Keyakinan masyarakat pesisir Jepara tersebut menjadi salah satu faktor terpenting bagi bertahannya tradisi sedekah laut. Hal ini membuat masyarakat pesisir Jepara tidak berani mengubah atau meninggalkan tradisi tersebut. Karena pada dasarnya tradisi yang dilaksanakan oleh setiap orang tentunya didasari oleh kepercayaan atau keyakinan masyarakat setempat yang melaksanakan tradisi tersebut. Fakta yang dapat ditemukan adalah dilakukanya tradisi sedekah laut membuat perasaan mereka nyaman dan merasa aman pada saat melaut. Hal ini membuat peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana sistem kepercayaan (belief) masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan mengenai tradisi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika masyarakat pesisir Desa Jobokuto, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara pada tradisi sedekah laut dan untuk untuk mengetahui gambaran sistem kepercayaan (belief) masyarakat pesisir Desa Jobokuto, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara pada tradisi sedekah laut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 5 subjek masyarakat pesisir yang berprosesi sebagai nelayan yang tinggal di desa Jobokuto, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang selanjutnya di transkrip. Berdasarkan hasil penelitian secara umum bahwa sistem kepercayaan (belief) yang dilakukan masyarakat pesisir Jepara terdapat beberapa tema besar berkaitan dengan pelaksanaan tradisi sedekah laut yaitu alasan, dampak, tujuan, keyakinan, prosesi, hukum, pelaksanaan, pihak yang terlibat, dan emosi masyarakat pesisir Jepara. Hasil lainnya dapat dilihat dari pandangan psikologis yaitu kongnitif, afektif, dan konatif. Kognitif berkaitan dengan pendapat masyarakat pesisir yaitu “apa yang kamu beri akan kembali kepada dirimu sendiri” kemudian diperkuat dari sisi afektifnya berupa perasaan yang timbul ketika melakukan tradisi sedekah laut yaitu perasaan tenang, senang, dan merasa aman karena sudah melakukan tradisi sedekah laut. Hal lain yang berkaitan dengan konatif dapat dilihat dengan bagaimana masyarakat pesisir melakukan dan mengikuti tradisi sedekah laut tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Kepercayaan (belief), Sedekah Laut, Masyarakat Pesisir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:08
Last Modified: 27 Jan 2020 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34803

Actions (login required)

View Item View Item