PENGEMBANGAN LAGU BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN SEMARANG


Aryakhiyatul Fitri , 2303415034 (2019) PENGEMBANGAN LAGU BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LAGU BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LAGU BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (958kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, hal tersebut dikarenakan belum adanya media yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa Madrasah Ibtidaiyah(MI) di Kabupaten Semarang. Berdasarkan hal tersebut akan ada pengembangan media untuk menarik minat siswa dalam belajar bahasa Arab dan materi yang dipelajari mudah dipahami dan diingat. Melalui pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran bahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Semarang, (2) bagaimana purwarupa pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal, (3) bagaimana validasi penilaian guru dan ahli terhadap desain atau purwarupa pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal, (4) bagaimana analisis SWOT produk lama dan produk baru pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini yaitu tahap ke lima revisi desain setelah mengetahui validasi ahli dan guru. Data penelitian diperoleh dengan teknik non tes meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, para guru menghendaki adanya pengembangan lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang terdiri atas beberapa materi dari kelas 1 sampai 6 disesuaikan dengan kurikulum 2013. Kedua, Purwarupa media lagu bahasa Arab berbasis kearifan lokal meliputi (1) fisik media terdiri atas bentuk, ukuran, dan desain sampul depan dan belakang, (2) bagian awal terdiri dari penjelasan singkat sampul luar dan dalam, prakata, daftar pustaka dan peta konsep, (3) bagian isi (materi) terdiri dari kosakata bergambar, lagu berbasis kearifan lokal, latihan soal dan tambahan tata bahasa untuk kelas 4,5 dan 6, motivasi belajar berbahasa Arab, (4) bagian akhir berisi biografi penulis. Ketiga, penilaian aspek yang diperoleh dari ahli dan guru meliputi (1) rata-rata aspek isi yaitu 90 ,(2) rata-rata aspek bahasa yaitu 90 , (3) rata-rata aspek penyajian yaitu 91, (4) rata-rata aspek grafis yaitu 89 , sehingga rata-rata yang diperoleh secara keseluruhan adalah 90 termasuk kategori 4 (sangat layak/ sangat sesuai).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lagu, Kearifan Lokal, Bahasa Arab, Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:56
Last Modified: 27 Jan 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34798

Actions (login required)

View Item View Item