FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA


Nurma Wahyuningrum , 1511412081 (2019) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMK NEGERI 9 SURAKARTA) - Published Version
Download (597kB) | Preview

Abstract

Sekolah adalah lembaga formal tempat dimana seorang siswa menimba ilmu dalam mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Potensi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki posisi strategis dalam upaya menghasilkan tenaga kerja profesional serta sebagai inti pelaksana pendidikan formal terdepan dalam menyiapkan tenaga kerja siap pakai. Terlepas dari potensi SMK, siswa SMK adalah bagian dari remaja yang dihadapkan pada berbagai tugas perkembangan. Periode perkembangan remaja di tandai dengan usia bermasalah dan pencarian jati diri. Membolos adalah salah satu masalah dalam dunia pendidikan yang sering dan bahkan selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar. Perilaku membolos juga dipercaya sebagai prediktor munculnya perilaku delinkuen pada remaja. Kebiasaan membolos merupakan perilaku yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaraya faktor yag bersumber dari diri individu (internal) dan faktor yang bersumber dari luar individu (eksternal). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai faktor internal dan faktor eksternal penyebab perilaku membolos pada siswa di SMK Negeri 9 Surakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 204 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan bantuan program pengolah data SPSS versi 20.0. Skala Perilaku membolos terdiri dari 20 aitem dengan koefisien validitas (r) bergerak dari 0,301 sampai dengan 0,531 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,716. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku membolos yang bersumber dari diri individu (internal) memiliki prosentase nilai sebesar 39,71% berada dalam kategori rendah dan faktor penyebab perilaku membolos siswa yang bersumber dari luar individu (eksternal) memiliki prosentase nilai sebesar 40,2% berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut, kedua faktor penyebab perilaku membolos siswa sama-sama berada dalam katergori rendah yang berarti siswa memiliki pengendalian tingkah laku yang cukup baik dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul, baik masalah yang bersumber dari internal maupun eksternal. Saran dalam penelitian ini hendaknya pihak sekolah semakin mendampingi siswanya untuk menumbuhkan karakter dalam diri siswa dan sekolah diharap dapat memberikan pembinaan dan membimbing siswanya agar perilaku membolos dapat benar-benar di atasi semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku membolos, faktor internal, faktor eksternal, siswa SMK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:51
Last Modified: 27 Jan 2020 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34796

Actions (login required)

View Item View Item