MABAR (PERMAINAN BAHASA ARAB) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG


Yeyen Febrianti Sekar Romi , 2303415032 (2019) MABAR (PERMAINAN BAHASA ARAB) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MABAR (PERMAINAN BAHASA ARAB) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MABAR (PERMAINAN BAHASA ARAB) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (663kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan keterampilan pertama dalam berbahasa yang dalam pembelajaran bahasa Arab sering ditemui permasalahan. Permasalahan pembelajaran menyimak bahasa Arab kelas VIII MTs di Kota Semarang yaitu sekolah menggunakan media pembelajaran berupa buku ajar sehingga siswa bosan, merasa sulit, dan kurang tertarik dengan pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan dinamis berupa media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS 6 untuk keterampilan menyimak bahasa Arab karena dapat meningkatkan ketertarikan dan kemandirian siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media untuk pembelajaran bahasa Arab, 2) purwarupa media pembelajaran berbasis adobe flash terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab, 3) hasil uji validasi para ahli terhadap media pembelajaran berbasis adobe flash, 4) analisis SWOT terhadap media pembelajaran berbasis adobe flash terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab. Desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) hingga tahap kelima yaitu revisi desain setelah validasi oleh ahli. Data penelitian ini diperoleh menggunakan non-tes berupa angket, wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis SWOT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukan guru dan siswa menghendaki adanya media berbasis Adobe Flash Professional CS 6 untuk keterampilan menyimak bahasa Arab yang meliputi kosakata, materi dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Penilaian ahli media dan guru yang meliputi aspek rekayasa perangkat lunak memperoleh nilai rata-rata 87,65; aspek komunikasi dengan nilai rata-rata 88,30; aspek audio dengan nilai rata-rata 80; dan aspek visual dengan nilai rata-rata 86,71. Sedangkan penilaian ahli materi dan guru yang meliputi aspek kelayakan isi dengan nilai rata-rata 88,30; aspek kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata 88,25; dan pada aspek kelayakan bahasa nilai nilai rata-rata 88,43. Dari seluruh aspek mendapatkan nilai rata-rata 85 sehingga Adobe Flash Professional CS 6 layak digunakan. Analisis SWOT buku ajar dengan media MABAR yaitu masing-masing media mempunyai kekuatan dan kelemahan, kekuatan pada produk lama bisa dipertahankan dan kelemahan pada produk lama bisa digunakan sebagai acuan pada produk baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, menyimak, adobe flash professional CS 6
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:52
Last Modified: 27 Jan 2020 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34795

Actions (login required)

View Item View Item