HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KEPUASAN PERNIKAHAN (Studi Pada Istri yang Menikah Melalui Proses Ta’aruf)


Jaza Anil Husna , 1511412069 (2019) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KEPUASAN PERNIKAHAN (Studi Pada Istri yang Menikah Melalui Proses Ta’aruf). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KEPUASAN PERNIKAHAN (Studi Pada Istri yang Menikah Melalui Proses Ta’aruf)]
Preview
PDF (HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KEPUASAN PERNIKAHAN (Studi Pada Istri yang Menikah Melalui Proses Ta’aruf)) - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Menikah adalah salah satu tugas perkembangan pada masa dewasa awal. Ta’aruf merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menuju proses pernikahan. Pada individu yang menikah melalui proses ta’aruf masa perkenalannya berlangsung singkat. Setelah menikah pasangan harus saling mencocokkan diri. Kepuasan pernikahan merupakan salah satu ciri utama dalam kesuksesan pernikahan. Kepuasan pernikahan yang dirasakan individu (istri) menggambarkan perasaan senang atau bahagia terhadap pernikahannya. Puas atau tidaknya pasangan dalam hubungan pernikahannya dapat pula dilihat dari berbagai kesamaan yang dimiliki pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada istri yang menikah secara ta’aruf. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah individu (istri) yang menikah melalui proses ta’aruf. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sejumlah 100 individu (istri). Teknik sampling yang dipakai yaitu purposive sampling. Data penelitian dihimpun menggunakan skala religiusitas dan skala kepuasan pernikahan. Skala kepuasan pernikahan terdiri dari 47 aitem dengan koefisien daya beda aitem sebesar 0,306 sampai dengan 0,632 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,916. Skala religiusitas terdiri dari 32 aitem dengan koefisien daya beda aitem antara 0,305 sampai dengan 0,714 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,902. Kepuasan pernikahan individu (istri) yang menikah melalui proses ta’aruf berada dalam kategori tinggi dengan aspek yang paling berkontribusi adalah resolusi konflik. Kondisi religiusitas individu (istri) yang menikah melalui proses ta’aruf berada dalam kategori tinggi dengan dimensi yang paling berpengaruh adalah practice atau perilaku ketaatan dan hal-hal yang dilakukan orang untuk menunjukkan komitmen terhadap agama. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Rank Spearman dengan hasil koefisien korelasi sebesar (rxy) 0,733 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,01). Berdasarkan nilai koefisien tersebut hipotesis “ada hubungan religiusitas dan kepuasan pernikahan” diterima. Artinya ada hubungan yang sangat signifikan di antara religiusitas dan kepuasan pernikahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kepuasan Pernikahan, Ta’aruf
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:39
Last Modified: 27 Jan 2020 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item