PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SAMI AJI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN


Oktaviyanti Indah Normareta , 1401415461 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SAMI AJI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SAMI AJI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SAMI AJI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, yaitu siswa itu sendiri dan lingkungan. Faktor dari siswa muncul karena adanya dorongan dari dirinya tanpa adanya dorongan dari luar, diantaranya motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Sami Aji Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa dari SDN Doro 01, SDN Doro 02, SDN Doro 03, SDN Bligorejo 01, SDN Kutosari. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, liniearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas serta analisis akhir/uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Hasil uji hipotesis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika thitung>ttabel (6,937 > 1,980), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika thitung>ttabel (7,341 > 1,980), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika secara bersama-sama diperoleh Fhitung>Ftabel (51,800 > 3,072), berarti H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Sami Aji Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian, hendaknya guru lebih bisa membangkitkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika melalui pembelajaran yang lebih menarik supaya siswa tidak lagi menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit serta dapat menumbuhkan kebiasaan belajar yang baik dan teratur, hal ini dilakukan guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kebiasaan belajar, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:29
Last Modified: 27 Jan 2020 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item