HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG
Rima Fatmawati , 1401415460 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (808kB) | Preview |
Abstract
Motivasi merupakan suatu bentuk dorongan karena adanya tujuan dalam diri seseorang untuk memenuhi kebutuhannya Motivasi belajar dan disiplin siswa adalah adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji: (1) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa; (2) hubungan disiplin siswa dengan hasil belajar PPKn siswa; (3) hubungan motivasi belajar dan dsiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Analisis uji coba instrumen angket meliputi validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji signifikansi, dan koefisien determinan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi rhitung 0,626 > rtabel 0,176 dan tingkat hubungan yang kuat, serta kontribusi disiplin belajar sebesar 39,2% dalam menentukan hasil belajar PPKn siswa; (2) ada hubungan positif dan signifikan disiplin siswa dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi rhitung 0,676 > rtabel 0,176 dan tingkat hubungan yang kuat, serta kontribusi motivasi belajar sebesar 45,7% dalam menentukan hasil belajar PPKn siswa; (3) ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi rhitung 0,534> rtabel 0,176 dan tingkat hubungan yang kuat, serta kontribusi disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama sebesar 55,5% dalam menentukan hasil belajar PPKn siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dan disiplin siswa dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Tugu Muda, Kota Semarang. Saran bagi guru khusunya, agar lebih meningkatkan motivasi belajar dan menanamkan disiplin siswa yang baik sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin siswa; hasil belajar PPKn; motivasi belajar; |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 13:27 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34789 |
Actions (login required)
View Item |