PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IVB SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG


Algy Septiansyah A , 1401415459 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IVB SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IVB SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IVB SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS memberikan ilmu kepada siswa tentang pengetahuan yang mencakup empat kompetensi dalam tujuan kurikulum 2013 yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat. Selain itu peran media juga sangat penting dalam proses pembelajaran seperti memberikan stimulus yang sama, menciptakan persepsi yang sama, dan mempersamakan pengalaman belajar siswa. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini terjadi pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar IPS dikelas IVB SDN Purwoyoso 02 Semarang, bahwa rata-rata nilai muatan IPS adalah 64.775 paling rendah dibandingkan dengan muatan lain, seperti muatan Bahasa Indonesia adalah 72.8 muatan IPA adalah 71.375 muatan PPKn adalah 71.225 dan muatan SBdP adalah 71.5, penting adanya media berupa buku tiga dimensi yang menarik perhatian siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan desain media, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SDN Purwoyoso 02 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pop-up book sangat baik oleh ahli materi dengan presentase 93,75%, dan komponen penyajian sebesar 87,5% dari ahli media. Hasil uji-t diperoleh Thitung sebesar 19.372 lebih besar dari Ttabel 2.042 maka media pop-up book efektif digunakan dalam muatan IPS dan Peningkatan rata-rata N-gain 0.498800959 termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pop-up book efektif dan layak digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya di pulau jawa. Saran untuk penelitian untuk penelitian selanjutnya yaitu pengembangan media pembelajaran pop-up book diharapkan untuk merencanakan komponen isi yang lebih lengkap, komponen penyajian yang lebih menarik dan bervariasi dan penggunaan bahasa yang baku, sehingga lebih bermanfaat dan bermakna dapat menyempurnakan media pop-up book.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:25
Last Modified: 27 Jan 2020 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34788

Actions (login required)

View Item View Item