PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SE-KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL
Rina Mazlinda , 1401415450 (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SE-KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SE-KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (725kB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru sangat menentukan mutu pendidikan, berhasil atau tidaknya proses pembelajaran sangat bergantung pada kualitas guru. Kinerja guru dalam pembelajaran sangat penting dalam rangka mendukung proses pendidikan secara efektif. Kinerja guru yang baik dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas yang ada di SD se-Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 172 guru kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 114 guru kelas. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 22. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi berganda, analisis determinasi (R), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (11,583 ˃ 1,981). Korelasi sebesar 0,738 dengan sumbangan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 71%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (18,231 ˃ 1,981). Korelasi sebesar 0,865 dengan sumbangan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 74,8%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (253,183 > 3,078). Korelasi sebesar 0,906 dengan sumbangan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 82%. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Motivasi Kerja. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 13:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34784 |
Actions (login required)
View Item |